Alasan Ilmiah Kenapa Banyak Pegawai Pria Punya Perut Buncit

Your Image alt

Apakah kalian pernah melihat bagaimana perut para pekerja kantoran? Yup, mereka dikenal dengan perutnya yang buncit, walaupun memang nggak selamanya begitu. Usut punya usut, ternyata ada fakta ilmiah dibalik fenomena perut buncit kebanyakan pekerja kantoran.

Hal ini terungkap lewat sebuah penelitian dari Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor, yang diterbitkan juga dalam Jurnal Gizi Pangan edisi Maret 2015, menyatakan jika gaya hidup yang dialami kebanyakan pria kantoran, menjadi penyebab utama mereka mengalami obesitas.

Dari hasil penelitian tersebut, diketahui jika 28 persen pekerja kantoran tergolong obesitas, ternyata lebih dari 47 persennya merupakan seorang perokok aktif, bahkan mereka biasa menghabiskan lebih dari 15 batang rokok per hari.

Uniknya lagi, Fitria Nurjanah, salah satu penulis penelitian, menyatakan jika jumlah rokok tersebut, berbanding lurus dengan lingkar perut. Dengan kata lain, makin banyak pria tersebut merokok, maka akan semakin besar lingkar perutnya.

Alasannya sederhana, kebiasaan merokok ternyata berkorelasi dengan peningkatan akumulasi lemak pusat. Tidak hanya itu, seorang perokok pun cenderung memiliki penurunan nafsu makan karena efek nikotin jangka pendek. Tapi sebaliknya, ketika tidak merokok, nafsu makan mereka justru tidak terkendali.

Uniknya lagi, ternyata dari penelitian tersebut terungkap jika 64 persen laki-laki pekerja kantoran, mereka cenderung malas melakukan aktivitas fisik. Dengan rendahnya kesadaran melakukan aktivitas fisik inilah yang membuat lingkar pinggang mereka semakin melebar.

Alasan lainnya, kebanyakan pria kantoran memiliki pola makan yang nggak baik. Bahkan mereka dinyatakan berpeluang memiliki sembilan dari 12 perilaku makan yang tidak sehat, dari mulai konsumsi junk food, minuman bersoda, makanan tinggi gula dan lainnya.

Fakta lainnya, 71 persen pria kantoran menyukai makan sambil melakukan aktivitas lainnya, contohnya saja menonton televisi, bermain komputer atau bahkan sambil bekerja. Kondisi ini jelas tidak menguntungkan, pasalnya perilaku tersebut diketahui dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Alasannya, proses makan akan cenderung terganggu karena teralihkan oleh televisi atau aktivitas selingan lainnya. Kondisi ini akan memicu berkurangnya sinyal kenyang, dan cenderung menyebabkan perilaku makan secara berlebihan.

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan alasan kenapa mereka para pekerja kantoran cenderung punya perut yang buncit? So, segera lakukan upaya pencegahan dengan memperbaiki pola makan dan lakukan aktivitas fisik agar masalah perut buncit nggak bisa teratasi.

Sumber:
http://bit.ly/2aophiF
http://bit.ly/1tXukgq
http://bit.ly/2aLGDcK