Alat Pacu Jantung Terbaru Cuma Seukuran Kail Ikan

Your Image alt

Tidak dapat dibantah lagi, perkembangan zaman kini telah menyebar ke berbagai sendi kehidupan manusia, termasuk ke dalam bidang kedokteran. Salah satu buktinya adalah lahirnya sebuah alat pacu jantung yang hanya berukuran sepersepuluh kali lebih kecil dari ukuran pemacu jantung tradisional.

Dengan alat pacu jantung ini, Dr Uwais Mohamed, dokter ahli jantung, prosedur operasi dengan denyut jantung tidak teratur akan semakin mudah dilakukan. Tidak hanya itu, alat ini pun telah menandai lahirnya peradaban baru dunia kedokteran yang lebih canggih.

Mengusung nama, alat pemacu jantung ini tanpa harus melalui prosedur operasi invasif. Selain itu, alat ini pun tidak membutuhkan baterai, dan akan bekerja dibawah tulang selangka , dan akan memungkinkan pasien dapat melakukan tes seperti MRI resolusi tinggi.

Uniknya lagi, alat pacu jantung ini ukurannya tidak jauh beda dengan ukuran pil vitamin, atau mata kail, dan bisa dimasukan melalui pembuluh vena di lutut. Setelah itu, alat acu ini pun kemudian akan didorong menuju ke jantung di mana kaitannya akan ditempatkan tepat dalam posisinya.

Medtronic Micra Transcatheter Pacing System pun sudah dibekali dengan baterai built-in dan akan memberikan impuls listrik lewat elektroda di bagian ujungnya, yang berfungsi sebagai pembantu pengatur irama denyut jantung.

Dilansir dalam australiaplus.com, Dr Mohamed, menyatakan jika salah satu studi percobaan utama mengenai perangkat ini, diketahu ada pengurangan risiko komplikasi hingga 50 persen ketimbang menggunakan alat pacu jantung tradisional yang saat ini masih banyak digunakan.

Di Australia sendiri alat ini diuji coba pertama kali kepada Graeme Layton (69 tahun), asal Victoria. Ketika itu, Graeme merasa tidak percaya jika alat ini bisa mempermudah prosedur operasi yang akan dijalaninya. Menurutnya, alat pacu ini terlihat seperti umpan pancing yang sangat bagus.

Lebih lanjut lagi, Graeme menyatakan jika dirinya dan istrinya sangat senang dengan hasil prosedur yang dilakukan bersama dengan Medtronic Micra Transcatheter Pacing System. So, bagaimana menurut anda tentang alat baru super canggih ini?

Sumber :
http://bit.ly/2aOg7N4
http://bit.ly/2awrojA
http://bit.ly/2aOh0VC