Banyak Minum Air Putih Bisa Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh. Mitos atau Fakta?

Your Image alt

Selama ini banyak sekali mitos dan fakta yang berkembang mengenai air putih. Banyak  memang yang benar, tapi sayangnya tidak sedikit juga yang hanya mitos belaka dan sebaiknya tidak langsung kita percayai begitu saja.

Banyak yang Belum Terbukti Secara Klinis

Dua peneliti yang bernama Stanley Goldfarb dan Dan Negoianu dari Pennsylvania University, Philadelphia, mengungkapkan bahwa dari sekian banyak informasi tentang keuntungan minum air putih tidak banyak bukti kuat yang mendukungnya.

Penelitian yang diterbitkan pada Journal of the American Society of Nephrology dan hasil dari penelitian ini mungkin akan mematahkan banyak mitos tentang air putih dan salah satunya adalah minum air putih bisa mengeluarkan racun dalam tubuh.

Menurut info di situs gayahidup.inilah.com, sampai saat ini tidak ada bukti klinis untuk mendukung pernyataan bahwa minum air putih bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Stanley Goldfarb mengungkapkan bahwa bukan seperti itu cara kerja organ ginjal.

Saat minum air putih banyak, maka volume urine akan meningkay tapi belum tentu bisa juga meningkatkan pengeluaran zat-zat yang merupakan bagian dari urine. Urea dan sodium mungkin akan keluar, tapi tak ada keuntungan klinis dari keluarnya urea dan sodium.

Mitos & Fakta Lain Seputar Air Putih

Selain pernyataan minum air putih bisa mengeluarkan racun dalam tubuh, ada cukup banyak mitos dan fakta lain seputar air putih dan berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Minum air putih 8 gelas per hari bisa mencegah dehidrasi

Pernyataan yang sering dilontarkan oleh banyak sekali produsen air minum kemasan ini sepertinya kurang tepat, tapi sayangnya banyak sekali orang yang mempercayainya. Tubuh memang butuh air yang cukup tiap hari tapi menurut British Dietetic Association sebagian besar manusia butuh 6-8 gelas cairan tiap hari. Ingat yang dibutuhkan itu cairan dan yang namanya cairan bukan air putih saja.

Selain air putih, cairan juga bisa kita dapat dari makanan yang kita konsumsi, seperti buah dan sayur yang mengandung cairan. Ada juga minuman lain yang bisa memenuhi kebutuhan cairan kita sehari-hari seperti susu atau teh

  1. Minum air putih bisa memperbaiki kulit

Sampai saat ini tidak ada data ilmiah tentang ini walaupun memang sudah ada bukti dehidrasi mempengaruhi kesehatan kulit. Hal ini harus diketahui secara luas karena Dr Goldfarb sudah menemukan sebuah kasus seorang wanita mengalami pembengkakan kelenjar otak lalu meninggal ketika ia mengosumsi air terus menerus dalam waktu yang sangat singkat karena akan suatu kontes kecantikan.

  1. Minum air putih bisa menurunkan berat badan

Minum air putih yang bebas gula dan kalori memang cara yang lebih baik untuk mendapat cairan harian ketimbang mengonsumsi minuman manis dan tinggi kalori. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa minum setenag liter air sebelum makan bisa membuat kita makan lebih sedikit. Tapi kuncinya sebenarnya pada makan dalam konsumsi yang lebih sedikit dan bukan karena air putih mampu mengurangi timbunan lemak di dalam tubuh.

Sumber:

http://bit.ly/2zhyrfu

http://bit.ly/2j3UbEM

http://bit.ly/2y76GCs

http://bit.ly/2y6hb8O