BRAND’S® Health Award 2017 – Penghargaan bagi Sosok Inspirasi Gaya Hidup Sehat dan Cerdas

Your Image alt

   Pada 28 November 2017, BRAND’S® Saripati Ayam kembali mengadakan BRAND’S® Health Award 2017 di Aston at Kuningan Suites, Jakarta. Sebuah ajang penghargaan tahunan untuk mempopulerkan gaya hidup sehat ini telah memasuki tahun ketiga sejak digelar pertama kali pada tahun 2015 lalu. Penghargaan-penghargaan pada acara BRAND’S® Health Award 2017 ini diberikan kepada sosok-sosok inspiratif yang telah menerapkan dan berkontribusi nyata mempromosikan gaya hidup sehat kepada masyarakat Indonesia.

   Acara pagi itu dibuka dengan sambutan oleh Bapak Agus Setio Joewono selaku Vice President & General Manager Suntory-BRAND’S Indonesia. Dalam sambutannya, Bapak Agus mengatakan, “Hal ini merupakan bentuk dukungan kami pada program kesehatan yang digalakkan pemerintah, seperti program Gerakan Masyarakat Sehat.” Bapak Agus juga menambahkan, “Sehat saja tidak cukup, tapi kita butuh kecerdasan yang menguatkan kesehatan fisik juga mental untuk mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas bagi Indonesia.”

Sesi diskusi

   BRAND’S® Health Award 2017 dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama dr. Lily S. Sulistyowati, MM selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Fiastuti Witjaksono, M.S, SpGK selaku dokter spesialis gizi klinik dan Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI, dan, Bapak Agus Setio Joewono selaku Vice President & General Manager Suntory-BRAND’S Indonesia.

   Memasuki puncak acara, penghargaan diberikan kepada para pemenang di tiap kategori. Tahun ini, BRAND’S® Health Award 2017 menetapkan lima kategori penghargaan, yaitu Kategori Inspiring Gen Sehat Cerdas, Kategori Influential Health Community, Kategori Inspirational Health Promoter, Kategori Inspirational Local Leader, dan Kategori Noble Health Promoter.

Para Pemenang BRAND’S® Health Award 2017

   Pemenang dan profil penerima Penghargaan BRAND’S® Health Award 2017 adalah:

  • Kategori Inspiring Gen Sehat Cerdas: Melanie Putria

 Melalui media sosial, Melanie berbagi aktivitasnya saat berolahraga dan kerap memotivasi masyarakat untuk lebih peduli dengan kesehatan mereka. Saat ini, Melanie tengah menekuni olahraga marathon yang dilakukannya sejak tahun 2011, dan telah mengikuti beberapa event marathon baik dalam skala nasional maupun internasional.

  • Kategori Influential Health Community: Komunitas Ayah ASI 

   Sebuah komunitas online yang terbentuk dari hasil pembahasan sekelompok ayah tentang pentingnya dukungan dan peran ayah dalam pemberian ASI kepada sang buah hati. Akun Twitter @ID_AyahASI diluncurkan pada 27 September 2011 sebagai wadah untuk berbagi pengalaman, pengetahuan seputar ASI, dan bagaimana menjalankan peran terbaik sebagai seorang suami dan ayah. Saat ini Ayah ASI sedang menyusun “Pemetaan Ruang Menyusui di Indonesia” untuk memudahkan para Ibu memberikan ASI saat berada di luar rumah.

  • Kategori Inspirational Health Promoter: Yali Inggibal

 

   Sejak 2013 Yali aktif memberikan edukasi untuk mengubah kebiasaan masyarakat Wamena yang masih BAB di sungai agar beralih menggunakan jamban atau WC umum. Agar mudah diterima masyarakat, Yali melakukan sosialisasi pembuatan jamban dari rumah ke rumah dan memberi alternatif material pembuat jamban dengan mengganti bahan semen dengan abu kayu. Hingga Juni 2017 telah ada 243 jamban abu tungku yang telah dibangun Yali bersama masyarakat Wamena. Saat ini, masyarakat Wamena lebih sadar akan kebersihan dalam BAB dan jumlah anak yang meninggal karena diare menurun drastis.

  • Kategori Inspirational Local Leader: Prof. DR. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr (Bupati Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan)

   Kegigihan beliau dalam membangun Bantaeng telah mengubah posisi kabupaten yang semula termasuk daerah tertinggal menjadi tempat studi banding bagi 104 kabupaten dan kota lainnya. Beliau menginisiasi program BSB 119 (Brigadir Siaga Bencana), sebuah program yang memberikan pelatihan kepada masyarakat agar terampil memberikan penanganan pertama dalam kejadian tertentu, seperti saat kecelakaan lalu lintas, evakuasi bencana alam, hingga cara memompa jantung. Program ini bermanfaat bagi masyarakat untuk mendapatkan penanganan kesehatan secara cepat dan menekan angka kematian masyarakat, termasuk ibu dan anak.

  • Kategori Noble Health Promoter: Prof. dr. Sri Supar Yati, PhD, SpAK

   Tingginya diare sebagai penyebab kematian tertinggi di dunia mendorong Prof. Yati untuk meneliti lebih dalam tentang diare. Prof. Yati bekerjasama dengan beberapa pihak mengembangkan vaksin rotavirus yang harganya lebih terjangkau dan terus menyempurnakannya. Prof. Yati juga melakukan penelitian tentang pengobatan diare dan menemukan bahwa pemberian Zinc pada anak yang terserang diare dapat mempercepat penyembuhan. Selain mengajar bidang Ilmu Kesehatan Anak, Bioetika di UGM, saat ini Prof. Yati masih aktif melakukan penelitiannya seputar diare.

   Selamat kepada para pemenang BRAND’S® Health Award 2017 dan teruslah menginspirasi Gen Sehat Cerdas! Sampai bertemu lagi tahun depan!