Jangan Lupa Minum Saat Bekerja di Ruangan Ber-AC

Bukan perkara haus atau dehidrasi saja, mencukupi kebutuhan minum pun berhubungan erat dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Fungsi air sendiri sama seperti oli dalam kendaraan, dimana dia akan jadi pelumas sekaligus penyeimbang suhu dalam tubuh.

Tapi bagaimana kalau kita bekerja di ruangan ber-AC. Bukankah suhu ruangan sudah dingin?

Inilah kenyataan yang sering terjadi dikalangan kaum kantoran. Entah karena pekerjaan yang terlalu menumpuk, atau karena tidak merasa haus, mereka cenderung malas untuk beranjak dari tempat duduk hanya untuk mengambil segelas air.

Padahal bekerja di ruangan ber-AC yang udaranya sejuk saja, tubuh kita tetap mengeluarkan cairan, baik itu lewat urine atau bisa lewat nafas. Selain itu, kondisi ruangan yang cenderung dingin pun akan menyebabkan kulit anda lebih cepat kering dan kusam.

Disinilah anda benar-benar membutuhkan air putih, dimana air akan membantu suhu tubuh tetap stabil, dan kebutuhan cairan harian tubuh pun akan terpenuhi. Degan demikian, anda akan terhindar dari masalah kesehatan yang disebabkan karena kekurangan cairan.

Maya Setyawati, dokter spesialis okupasi, menyatakan jika pekerja kantoran masih menerapkan pola akan minum kalau haus, maka siap-siap saja anda akan mengalami dehidrasi, atau yang lebih parahnya lagi kerusakan organ karena kekurangan cairan.

Pasalnya, minum air putih itu bukan perkara haus atau tidak, tapi merupakan kebutuhan. jadi haus ataupun tidak, anda tetap butuh air putih. Bagi pekerja kantoran yang beraktivitas diruangan ber-AC, sebaiknya konsumsi air putih sebanyak 2.5 Liter per hari.

Perinciannya, 2 liter bisa anda dapatkan dari konsumsi air putih, sedangkan sisanya bisa anda penuhi dari sumber makanan yang kaya akan air, seperti buah-buahan, sup, atau makanan lainnya yang mengandung cairan.

Selain memperhatikan jumlahnya, dokter Maya pun menyarankan anda agar mendistribusikan kebutuhan cairan tersebut secara merata. Misalnya, jika anda beraktivitas selama 16 Jam per hari, maka konsumsi air putih minimalnya satu gelas per dua jam, atau setengah gelas per satu jam.

Dengan terpenuhinya pasokan cairan tubuh, selain anda akan terhindar dari dehidrasi dan risiko kerusakan organ,menjaga berat badan agar tetap seimbang, mengurangi keinginan untuk menyantap camilan, sekaligus efektif menjaga anda tetap fokus.

Bagaimana agar tidak lupa minum saat bekerja?

Cukup mudah, kalau ruangan kerja anda hanya menyediakan air di pantry saja, anda bisa membawa gelas sendiri yang berukuran besar. Kemudian letakkan gelas itu di depan meja kerja supaya bisa terus ingat untuk minum. Itu pun kalau peraturan kantor memperbolehkannya.

Kalau tidak, mau tidak mau anda harus terus ingat kapan waktunya minum. Kalau perlu, gunakan alarm agar waktu minum tidak terlewat.

Sumber:
http://bit.ly/2xP88d5
http://bit.ly/2xbyGIK
http://bit.ly/2kio8Bl