Jatuh Sakit Usai Deadline Pekerjaan? Mungkin Ini Penyebabya

Your Image alt

Deadline pekerjaan menjadi momok tersendiri bagi pekerja. Mereka diharuskan untuk menyelesaikan pekerjaan bertumpuk dan waktu yang sempit. Atau para siswa yang stress menghadapi ujian akhir. Akan tetapi sesudah deadline atau hari-hari menegangkan itu lewat dan merencanakan liburan, tiba-tiba anda sakit. Kecewa? Pasti. Nah, kenapa anda bisa jatuh sakit? Begini analisanya.

Ternyata keadaan ini ada terminologinya. Moment ini disebut “let-down” yaitu keadaan badan yang terasa lelah, akibatnya daya tahan tubuh menurun diiringi dengan berbagai virus menyerang. Badan lemah dan akhirnya jatuh sakit. Nah ketika masa stress, bisa jadi imun semakin kuat karena dorongan dari otak yang memaksa tubuh bekerja keras. Justru saat pekerjaan itu selesai, tubuh merasa tidak harus lagi menahan untuk tidak sakit, menurut peneliti dari University if California-Los Angeles.

Stress tersebut bisa jadi mengakibatkan berbagai penyakit menyerang. Yang paling sering adalah sakit lambung. Stress memicu asam lambung untuk naik. Oleh karena itu justru asam lambung tersebut akan terjadi setelah stress usai atau selesai. Efek let down tidak akan langsung dirasakan tetapi bisa terjadi selang 1 sampai 2 hari pasca deadline usai. Jika anda stress di hari rabu bisa jadi ketika weekend, anda baru merasa sakit lambung.

Peneliti dari Albert Einstein College of Medicine membuat jurnal penelitian di tahun 2014. Mereka meneliti beberapa penyebab mengenai sakit kepala yang timbul pada jurnal tersebut. Hasil ternyata menunjukkan migrain terjadi dalam rentang waktu 18 jam setelah mereka merasakan kepenatan kerja dan lalu lintas. Bukan hanya kambuhnya tukak lambung, melainkan menyerang juga bagian pencernaan dan iritasi kulit seperti ruam, gatal maupun bentol kemerahan. Semua itu akan muncul setelah kondisi tidak sedang stres.

Prosesnya lumayan memakan waktu karena tubuh yang merasakan stress akan memproduksi beberapa hormon seperti adrenalin, katekolamin dan glukokortikoid. Hormon-hormon ini dilepaskan oleh tubuh untuk bersiap saat terjadi virus atau bakteri dalam tubuh. Salah satu hormon yang dilepaskan bisa menyebabkan efek negatif yang menimbulkan radang, sakit tenggoroka, demam dan kelelalahan.

Ketika kamu sedang merasa stress, yang dibutuhkan yaitu pengalihan dari stress kamu. Untuk singkirkan stres, mulailah bergabung pada komunitas olahraga favorit, tentu saja yang bisa membuat anda relaks dan tenang. Perlu juga makan makanan dengan nutrisi seimbang. Perkaya serat karena itu bagaikan benteng untuk tubuh anda. Jangan lupa untuk selalu tidur. Walaupun tenggat waktu pekerjaan anda sudah dekat, sempatkan 4 sampai 7 jam untuk tidur. Tidur mengembalikan syaraf-syaraf dan meregenerasi kulit. Jangan lupa untuk kehidupan sosialmu. Buatlah janji dengan teman-temanmu hanya sekedar minum kopi di cafe dekat kantor pun sudah cukup menghilangkan rasa penat anda.

Sumber:

http://bit.ly/2dlGY6b
http://bit.ly/2djhW55
http://bit.ly/2d1Xgkk
http://bit.ly/2d3slCp