Kebiasaan Tunda Pekerjaan Bisa Berefek Pada Kesehatan

Karena beberapa alasan, bisa karena pekerjaan tersebut terbilang mudah atau karena ingin sedikit bermalas-malasan, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk menunda pekerjaan, dan baru akan digarap setelah mendekati waktu deadline.

Dalam dunia profesional, jelas kebiasaan ini sangat buruk, bahkan bisa mengurangi kepercayaan client. Tapi selain itu, seperti dilansir dalam Men’s Health, ternyata kebiasaan menunda pekerjaan bisa menyebabkan gangguan kesehatan juga lho!

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Israel, dengan melibatkan sebanyak 600 orang karyawan aktif, menemukan fata jika terbiasa menunda pekerjaan, bisa menyebabkan insomsia atau masalah susah tidur. Bahkan risiko ini bisa melonjak hingga tiga kali lipat ketimbang orang yang tidak menunda pekerjaan.

Pasalnya, kebiasaan menunda pekerjaan berisiko membuat menumpuknya pekerjaan yang harus diseleaikan tepat waktu. Alhasil, anda pun nggak akan bisa tenang, bahkan terkadang anda akan dipaksa untuk melakukan kerja lembur demi mengejar deadline.

Menurut Illana Hairston, Ph.D, pakar kesehatan dari The Academic College of Tel Aviv, menyebutkan jika kebiasaan menunda pikiran berisiko membebani pikiran, hingga akhirnya stres. Apalagi kalau pekerjaan yang harus diselesaikan sudah mendekati waktu deadline.

Hal inilah yang akan membuat anda cenderung sulit tidur. Kalau kebiasaan ini dilakukan secara berulang, dapat dipastikan kesehatan anda yang akan dipertaruhkan.

Menurut Illana, dampak kurang tidur itu sangat berbahaya. Tidak hanya meningkatkan risiko stres, anda pun akan sulit untuk ber konsentrasi, mengalami perubahan mood yang buruk, hingga akhirnya menyebabkan munculnya berbagai penyakit, termasuk gangguan sistem metabolisme.

Efek lainnya, kurang tidur bisa menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh, dan berdampak epada kesehatan kulit yang tampak lebih tua dan kusam. Tentu saja ini belum termasuk penilaian merah dari atasan atau client yang kecewa karena hasil pekerjaan yang kurang maksimal.

Lantas, bagaimana agar kita tidak terbiasa menunda pekerjaan?

Salah satu yang paling mudah untuk menghilangkan kebiasaan ini adalah, ingat karier anda yang sedang dipertaruhkan. Karena pekerjaan yang kurang maksimal, anda terancam kehilangan kepercayaan dan bahkan diambang risiko pemecatan.

Secara teknis, anda bisa mulai memecahkan pekerjaan berdasarkan kategori tersulit, dan kerjakan pekerjaan yang mudah di sisa waktu. Selain itu, pertimbangkan juga waktu deadline. Usahakan untuk mengerjakan pekerjaan dari waktu deadline yang paling dekat.

Cara lainnya, anda bisa mulai melakukan blocking waktu. Misalnya, lakukan pekerjaan A dengan target selesai 2 jam, kemudian pekerjaan B selama 3 jam dan seterusnya, sesuai dengan tingkat kesulitan dan banyanya pekerjaan yang harus diselesaikan.

Dengan menghilangkan kebiasaan buruk menunda pekerjaan, semoga karier anda akan lebih cemerlang. Selamat mencoba!

Sumber :

http://bit.ly/2bmATXK

http://bit.ly/2aPX60n

http://bit.ly/1MYnjiI

http://bit.ly/2aXDmpe