Kita Bisa Tahu Risiko Penyakit Dari Golongan Darah

Your Image alt

Ternyata ada banyak hal yang bisa diungkapkan dari golongan darah kita. Tidak percaya? Coba deh cari informasinya di berbagai artikel, baik itu di internet atau majalan. Pasti banyak informasi yang menghubungkan golongan darah dengan berbagai hal, seperti kecocokan dengan pasangan, program diet sehat dan risiko penyakit. Yang terakhir inilah yang akan kita bahas di artikel ini.

Keterkaitan golongan darah dengan risiko penyakit ini bukan isapan jempol belaka karena sudah diteliti oleh para ahli. Mary Cushman, MD, seorang profesor kedokteran dan patologi di University of Vermont bahkan berani menyatakan bahwa golongan darah tertentu rentan terhadap pada beberapa penyakit. Berikut adalah penjelasan selengkapnya yang infonya didapat dari situs health.liputan6.com.

1. Kanker Perut

Risiko penyakit yang satu ini juga sayangnya harus dihadapi oleh mereka yang punya golongan darah AB. Menurut American Journal of Epidemiology, mereka yang punya golongan darah AB punya risiko terkena kanker perut sekitar 23 persen lebih tinggi kalau dibandingingakn dengan mereka yang golongan darahnya O atau B.

Bagaimana kalau dibandingkan dengan golongan darah A? Ternyata cukup tinggi juga karena mereka punya risiko terkena kanker perut sampai 20 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang punya golongan darah B atau O.

Menurut Gustaf Edgren, MD, PhD, ahli epidemiologi di Karolinska University Hospital di Swedia, golongan darah AB dan A rentan pada bakteri yang disebut dengan H. pylori dalam usus yang bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh.

2. Masalah Ingatan (memori)

Kamu yang punya golongan darah AB sebaiknya lebih waspada karena berisiko terkena gangguan kofnitif. Menurut Mary Cushman, golongan darah AB punya hubungan dengan pembekuan protein dalam darah dan hal ini pulalah yang mungkin menjadi penyebab kenapa mereka yang golongan darahnya AB cenderung punya masalah pada memorinya (ingatan).

3. Sakit Jantung

Golongan darah O harus bersyukur karena ternyata menurut studi di Harvard School of Public Health punya risiko sakit jantung lebih rendah (23 persen) dibandingkan dengan golongan darah lainnya. Studi itu juga mengungkapkan bahwa mereka yang golongan darahnya AB dan B punya risiko paling besar terkena penyakit jantung.

4. Kanker Pankreas

Satu lagi keuntungan mereka yang punya golongan darah O karena ternyata mereka punya risiko rendah mengidap kanker pankreas. Menurut penelitian dari Journal of National Cancer Institute, mereka yang golongan darahnya O 37% lebih kecil kemungkinannya umengidap kanker pankreas dibandingkan golongan darah lainnya.

5. Bisul

Mereka yang punya golongan darah O punya risiko mengalami bisul. Menurut sebuah studi yang infonya didapat dari situs health.liputan6.com, golongan darah ini entah bagaimana caranya bisa memodifikasi respon daya tahan tubuh terhadap bakteri.

Sumber:
http://bit.ly/1vav7ai
http://bit.ly/2BcwdPI
http://bit.ly/2zUdRyD
http://bit.ly/2ksCZK8