Kursi Kantor Bisa Menyebabkan Gangguan Tulang Punggung?

Berapa lama Anda duduk di kursi kantor setiap harinya? Sebagian besar mungkin akan menjawab 6-8 jam yang memang merupakan waktu kerja standar yang ditetapkan oleh sebagian besar perusahaan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Current Cardiovascular Risk Result AS pada tahun 2013, mereka yang sehari-hari bekerja di kantor biasa duduk selama 6 jam per hari.

Duduk yang merupakan aktivitas minim pergerakan tersebut sering dihubungkan dengan peningkatan penderita penyakit jantung atau yang paling ringan adalah sakit punggung yang merupakan salah satu gangguan tulang belakang.

Dari beberapa info kesehatan pasti Anda pernah mendengar bahwa duduk terlalu lamalah yang menyebabkan datangnya berbagai penyakit, seperti sakit punggung. Tapi ternyata, ada seorang pakar yang memiliki pendapat lain. Esther Gokhale, ahli penyakit punggung asal Amerika Serikat berpendapat masalahnya adalah pada posisi duduk dan bukan durasi Anda duduk tiap harinya di kantor.

Lalu, bagaimana posisi duduk yang benar agar tulang punggung kita tidak mengalami gangguan?
Posisi Duduk yang Benar
1. Duduklah dengan posisi tegak, punggung lurus dengan bahu ke belakang. Jika Anda merasa bagian bokong Anda sudah menyentuh bagian belakang kursi kantor, itu tandanya Anda sudah duduk dengan benar.
2. Tekuk lutut di sudut yang tepat. Saat duduk di kursi kantor, pastikan lutut Anda posisinya lebih rendah dari pinggul Anda. Ini penting supaya posisi duduk Anda di kursi kantor proporsional.
3. Jangan silangkan kaki. Biasanya di bawah meja ada sebuah pijakan (palang) yang fungsi sebenarnya adalah agar Anda duduk dengan posisi yang benar. Karena itulah daripada menyilangkan kaki, berpijaklah pada pijakan tersebut dan jika tidak ada mungkin ada baiknya Anda menempatkan sebuah pijakan berupa bangku kecil atau yang lain agar posisi duduk menjadi sempurna.
4. Dekatkan kursi dengan meja kerja. Semakin dekat kursi dengan meja kerja, akan semakin ringan juga tugas otot tubuh Anda. Dengan demikan, otot tubuh akan terasa lebih ringan dan Anda bisa bekerja dengan lebih nyaman bebas dari sakit punggung.
5. Istirahatkan lengan dan siku

Agar bahu terasa lebih rileks dan tidak membebani punggung Anda, sesekali renggankan lengan dan siku Anda.
Penyebab Gangguan Pada Punggung Lainnya

Selain posisi duduk yang tidak tepat, inilah beberapa penyebab rasa nyeri pada punggung.
1. Membawa beban terlalu berat.
2. Terlalu sering atau terlalu lama emakai sepatu dengan hak yang terlalu tinggi.
3. Terlalu sering mengapit telepon antara bahu dan leher.

Agar tidak terkena sakit punggung, duduklah dengan posisi yang benar dan hindari 3 hal di atas ini yang bisa menyebabkan punggung Anda terasa nyeri. Saat di kantor juga sebaiknya jangan hanya duduk, sesekali berjalanlah dan melakukan senam ringan agar tubuh terasa tidak kaku dan menjadi lebih segar.

Jika memang punggung sudah terasa nyeri cukup lama, ada baiknyasegera hubungi dokter untuk berkonsultasi dan jangan lupa untuk meminta tips kesehatan bagaimana agar rasa nyeri tersebut tidak lagi Anda rasakan.

Sumber:
http://bit.ly/2BCs87v
http://bit.ly/2nRxSEw
http://bit.ly/2z2AQtq