Lembur Plus Kurang Tidur Bisa Membuat Tubuh Rentan Terserang Batuk Pilek

Your Image alt

Sering lembur plus kurang tidur di malam hari karena pekerjaan menumpuk di kantor? Sebaiknya kurangi lembur mulai dari sekarang karena ternyata kebiasaan buruk ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan dan salah satunya mudah terserang batuk pilek.

Kenapa Lebih Mudah Terserang Batuk Pilek?

Tubuh yang dipaksa terjaga sampai larut malam bisa membuat tubuh menghancurkan leukosit (sel-sel darah putih) yang fungsi utamanya sebagai sistem kekebalan tubuh. Kalau leukosit berkurang maka sudah bisa dipastikan tubuh akan semakin rentan terhadap  gejala penyakit dan juga infeksi.

Sebuah survei berjudul Survei Kesehatan Nasional dan Gizi yang infonya didapat dari laman situs health.kompas.com menemukan 19% responden yang tidur 5  jam atau kurang, lebih sering merasakan sakit kepala atau batuk, kalau dibandingkan mereka yang tidur 6 jam atau lebih.

Penelitian yang diadakan pada tahun 2005 dan 2012 ini melibatkan lebih dari 22.000 responden yang melaporkan tentang banyak jam tidur pada waktu hari kerja, apakah mereka punya riwayat gangguan tidur dan apakah mereka punya kesulitan untuk tidur.

Selain Batuk Pilek, Terlalu Sering Lembur Bisa Menyebabkan Masalah Kesehatan Ini

Kemampuan Daya Ingat Menurun

Sering tidur terlalu malam bisa membuat kemampuan daya ingat kita menurun. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Amerika dan Perancis di tahun 2009 yang infonya didapat dari situs nationalgeographic.co.id, dengan waktu tidur yang cukup, organ otak akan menstimulasi reaksi yang bernama  sharp wave ripple (riak gelombang tajam).

Reaksi yang berperan dalam proses penguatan ingatan (memori) ini akan mengirim data atau info yang tersimpan di bagian otak hippokampus ke neokorteks, bagian di mana ingatan jangka panjang tersimpan.

Karena itulah bisa disimpulkan jika waktu tidur berkurang maka akan semakin berkuranglah ingatan yang tersimpan di otak kita.

Berat Badan Bertambah

Bertambahnya berat badan menurut info di situs nationalgeographic.co.id berbanding lurus dengan waktu tidur yang kurang, Mereka yang kurang waktu tidur (kurang dari 6 jam) metabolisme lemak di dalam tubuhnya akan terganggu dan hal inilah yang bisa menyebabkan berat badan bertambah.

Berisiko Terkena Diabetes

Tidur terlalu malam akibat lembur bekerja di kantor bisa merusak hormon di dalam tubuh kita. Saat hormon tubuh rusak, insulin yang diproduksi juga bisa menurun (berkurang). Kurangnya produksi insulin dalam tubuh akan membuat tubuh kita rentan terhadap glukosa. Glukosa inilah salah satu penyebab utama munculnya penyakit diabetes.

Berisiko Terkena Sakit Jantung dan Stroke

Kurang tidur yang terus menerus karena lembur di kantor dalam jangka waktu yang lama bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan fungsi organ jantung, stroke dan tekanan darah tinggi.

Bagaimana, tidak mau kan terkena gangguan kesehatan di atas? Mulailah dari sekarang bekerja lebih efektif agar pekerjaan di kantor bisa dikerjakan lebih cepat dan tidak perlu lagi menambah jam kerja atau lembur.

Sumber:
http://bit.ly/2izyeNE
http://bit.ly/2zRnQVN
http://bit.ly/2yLdKIn
http://bit.ly/2yQvf9S