Mau Makan Lebih Sehat di Restoran? Ini Panduannya

Your Image alt

Banyak yang lebih memilih makan di restoran karena rasa makanan yang lebih lezat. Selain itu, makan direstoran pun kerap dijadikan sebagai penjaga gengsi, melakukan pertemuan dan lainnya. Dengan kata lain, bukan hanya lidah saja yang dimanjakan, anda pun akan merasa lebih keren ketika makan di restoran.

Walaupun begitu, ada dampak mengerikan yang bisa terjadi ketika anda rutin makan di restoran, terutama restoran cepat saji. Makanan yang disajikan mereka kebanyakan hanya terfokus kepada rasa, tanpa memperhatikan kualitas nutrisi dari makanan yang disajikannya.

Terus, gimana dong solusinya?

Eric M. VanEpps, PhD, peneliti postdoctoral di Penn Center for Health Incentives and Behavioral Economics, menyatakan jika memesan makanan 1 jam sebelum jam makan siang atau malam, efektif untuk mengurangi kemungkinan anda mengonsumsi makanan berlemak.

Hal ini disimpulkan setelah Eric melakukan penelitian bersama Perelman School of Medicine University of Pennsylvania dan Carnegie Mellon University, dimana tim peneliti yang dipimpinnya melakukan tiga studi utama dengan fokus pada pesanan makan siang secara online dan pilihan makan siang di restoran.

Berdasarkan percobaan yang dilakukannya, seperti dilansir dalam Yahoo News, sebanyak 885 mahasiswa dan karyawan, ketika mereka hanya memiliki waktu terbatas untuk memilih makanan, mereka akan lebih cenderung memesan hidangan yang tinggi kalori dan kaya lemak.

Hal inilah yang membuat konsumsi makanan di restoran, berkaitan erat dengan kegemukan dan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah, yang menjadi penyebab utama penyakit jantung, darah tinggi, stroke dan masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, Shira Lenchewski, MS, RD, selaku ahli gizi selebriti di Los Angeles, menyatakan jika para peserta penelitian yang memiliki waktu lebih lama untuk memikirkan makannya, akan cenderung sadar dengan tujuan kesehatan jangka panjang, dan akhirnya mengabaikan rasa dengan memilih makanan sehat.

Lebih lanjut lagi, Lenchewski menyatakan jika hasil penelitian ini bisa juga diimplementasikan dengan cara, anda bisa mengunjungi situs resmi restoran tersebut dan membidik beberapa menu yang disajikan di sana. Setelah itu, langsung pesan makanan tersebut ketika anda tiba di sana.

Inti dari penelitian ini adalah, meningkatkan kesadaran anda untuk memilih makanan sehat, dan sadar dengan bahaya makanan kaya lemak dan mengandung kolesterol tinggi. So, anda tertarik mencoba ide brilian dari penelitian tersebut?

Sumber :
http://bit.ly/2biwXpl
http://bit.ly/2aYclPH
http://bit.ly/2aCHdcs
http://bit.ly/2biwXpl