Penyakit-Penyakit Orang Kantoran yang Wajib Diwaspadai

Your Image alt

Bekerja di kantoran merupakan impian semua orang. Bagaimana tidak, tawaran gaji yang tinggi, fasilitas yang nyaman, tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga serta status sosial yang cenderung tinggi, akan membuat semua orang berlomba mengejar satu slot posisi ini.

Tapi sayang, dibalik semua kenyamanan yang diberikan, ternyata bekerja sebagai orang kantoran memiliki banyak risiko, terutama terkait masalah kesehatan. Berikut merupakan beberapa penyakit khas orang kantoran yang wajib anda waspadai.

Sick Building Syndrome

Penyakit khas kantoran yang satu ini mungkin masih asing ditelinga anda. Pasalnya, kebanyakan orang tidak menyadari jika mereka sebenarnya tengah mengidap Sick Building Syndrome, yakni penyakit yang ditimbulkan karena kondisi udara buruk dalam ruangan yang tidak steril atau kekurangan ventilasi.

Penyakit ini umumnya menyerang sistem pernafasan atas, mata, paru-paru, dan kulit. Sebagai pencegahan, pastikan ruangan kantor anda punya ventilasi yang cukup dengan kualitas udara yang baik.

Jantung

Inilah penyakit klasik khas orang kantoran. Terlalu banyak duduk ternyata dapat memicu pengerasan pembuluh darah akibat penumpukan kalsium. Kalau ini terus dibiarkan, maka pembuluh darah tersebut akan tersumbat, hingga akhirnya menyebabkan penyakit jantung.

Solusinya, curi waktu untuk melakukan peregangan di sela jam kerja, rutin berolahraga dan konsumsi makanan sehat. Penting, jauhi rokok dan minuman keras!

Diabetes

Kebanyakan orang kantoran tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga, atau punya cukup waktu tapi malas melakukannya. Alhasil, penumpukan kalori dalam tubuh bisa memicu timbulnya obesitas, yang berperan penting mencetuskan terjadinya penyakit diabetes.

Untuk mencegahnya, sebaiknya lakukan olahraga rutin, minimalnya 30 menit per hari, konsumsi makanan sehat, kurangi asupan gula dan lainnya. Intinya, jalankan gaya hidup sehat!

Sindrom Carpal tunnel

Penyakit ini merupakan kondisi dimana pergelangan tangan yang terasa sakit dan ngilu akibat tekanan yang berulang ketika anda terlalu banyak mengetik. Kondisi ini akan semakin parah jika anda terbiasa mengetik dalam posisi miring atau posisi pergelangan tangan tergantung.

Untuk mengatasinya, sempatkan diri untuk melakukan peregangan, terutama punggung tangan, pergelangan tangan, dan bahu.

Stres

Ketimbang mereka yang bekerja dengan menggunakan otot, orang yang bekerja dengan otak dan lebih lama duduk akan cenderung berisiko terkena stres. Selain itu, tekanan pekerjaan, kemacetan dan gaya hidup yang buruk, akan semakin memperparah kondisi ini.

Solusinya, lakukan olahraga, terutama jogging, aerobik, berenang dan yoga. Jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat dan dekatkan diri kepada tuhan.

Selain itu, masih banyak beberapa penyakit khas orang kantoran lainnya, dari mulai sakit kepala, gangguan mata, stroke, obesitas, nyeri punggung, gangguan postur tubuh dan lainnya. So, tetaplah waspada dan terapkan gaya hidup sehat.

Sumber:
http://bit.ly/2xTU3g8
http://bit.ly/2xXQ6ru
http://bit.ly/2wu0yDt