Tekan Rasa Lapar dengan Rutin Olahraga Malam Hari!

Saat ingin menurunkan berat berlebih, menekan rasa lapar seringkali harus kita lakukan. Satu cara yang bisa kita lakukan untuk menekan rasa lapar adalah dengan rutin berolahraga.

Menekan Rasa Lapar dengan Berolahraga?

Bisa, dan sebaiknya olahraga tersebut dilakukan pada malam hari. Kenapa harus malam hari? Karena berdasarkan penelitian yang diterbitkan di dalam Journal Medicine and Science in Sport and Exercise, berolahraga treadmill di malam hari sangat efektif untuk menekan rasa lapar.

Pada penelitian tersebut para peneliti membandingkan kalori yang terbuang dari dalam tubuh melalui olahraga dan melakukan program diet terhadap makanan. Saat membandingkannya, para peneliti sudah mengamati 12 wanita muda dan kondisi tubuhnya sehat.

Dari para wanita muda tersebut, grup pertama yang menjalani program diet sehat untuk mengurangi asupan kalori. Sedangkan grup kedua melakukan olahraga agar kalori yang ada di dalam tubuhnya berkurang.

Hasilnya ditemukan sebuah fakta bahwa mereka yang menjalani program diet sehat dengan membatasi asupan makanan hormon ghrelin (hormon yang memberi sinyal lapar ke tubuh) mengalami peningkatan.

Selain itu dari mereka yang menjalani program diet sehat juga ditemukan bahwa saat disajikan makanan, rata-rata dari mereka mengonsumsi 944 kalori. Sedangkan mereka yang lebih memilih berolahraga ternyata cuma mengonsumsi 660 kalori.

Sebuah studi lain yang informasinya didapat dari situs inspirasibersama.com, juga menemukan hasil yang serupa. Studi tersebut menemukan olahraga bisa meningkatkan hormon adrenalin yang salah satu fungsinya menunda (menghambat rasa lapar). Tapi sayangnya hal ini hanya berlaku sementara karena setelah berolahraga rasa lapar akan kembali.

Manfaat Lain dari Olahraga di Malam Hari

Selain bisa menjadi alternatif menunda rasa lapar untuk menurunkan berat badan, ada beberapa manfaat kesehatan lain dari olahraga di malam hari dan berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Mengurangi stres

Olahraga di malam hari sebelum tidur bisa meningkatkan hormon endorfin (hormon yang bisa membuat kita merasa lebih bahagia dan lebih rileks).

  1. Tidur lebih nyaman

Setelah berolahraga di malam hari, tubuh akan menjadi lebih santai dan rileks dan hal ini otomatis akan membuat tidur kita di malam hari menjadi terasa lebih nyaman.

  1. Beraktivitas lebih tenang

Beraktivitas, baik di kantor atau di rumah, akan menjadi lebih tenang kalau di malam harinya kita berolahraga sebelum tidur. Bayangkan kalau berolahraga di pagi hari, kemungkinan terlambat pergi ke kantor sudah pasti akan menjadi lebih besar.

Bagaimana, banyak sekali kan manfaat kesehatan dari rutin berolahraga di malam hari? Karena itulah biasakan dari sekarang berolahraga sebelum tidur agar kesehatan tubuh terjaga kesehatan dan kebugarannya. Terasa berat memang awalnya, tapi setelah dibiasakan akan terasa ringan dan mudah untuk dilakukan.

Sumber:
http://bit.ly/2gFD5ZN
http://bit.ly/2zGBb2l
http://bit.ly/2zFK3p8
http://bit.ly/2yNiDk2