Teknologi Baru Hancurkan Batu Ginjal Tanpa Bedah

Your Image alt

Selama ini, para penderita batu ginjal hanya punya sedikit pilihan untuk mengatasi penyakitnya. Kalau tidak dengan terapi obat, biasanya penangannya berupa terapi laser atau jalan terkahir adalah, dengan melakukan operasi pengangkatan batu ginjal.

Untuk batu ginjal yang masih lunak, terapi dengan obat bisa jadi pilihan terbaik. Walaupun begitu, anda harus hati-hati, terutama terapi obat tradsional. Yang dikhawatirkan, batu ginjal yang anda derita akan hancur bersama dengan hancurnya ginjal. Serem bukan?

Sedangkan untuk batu ginjal tingkat menengah, anda bisa menjalani terapi laser, atau operasi pengangkatan batu ginjal untuk yang sudah sangat parah. Tapi sayang, kebanyakan penderita batu ginjal baru mengetahui penyakitnya ketika sudah masuk dalam tahap lanjut. Inilah alasan kenapa jalur operasi banyak dipilih.

ESWL Jadi pilihan terbaik

Beruntunglah anda hidup di zaman dimana dunia kedokteran sudah berkembang pesat. Kini, untuk mengembalikan fungsi ginjal tidak harus dengan pembedahan. Pasalnya, sekarang ini ada metode baru yang dinamakan terapi Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy atau yang disingkat ESWL.

Dengan menggunakan metode ini, batu ginjal akan dihancurkan tanpa jalur operasi, dan langsung dikeluarkan lewat saluran kencing. Terdengar mudah dan menggiurkan bukan?

Dalam keterangannya, Charles Martamba Hutasoit, dokter spesialis urologi dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, menjelaskan jika terapi ESWL menggunakan gelombang suara kejut untuk menghancurkan batu ginjal hingga akhirnya jadi pecahan kecil dan sangat halus.

Cara terapinya sendiri cukup mudah. Anda hanya disuruh untuk berbaring, dengan tubuh yang didekatkan dengan alat ESWL. Setelah itu, dokter akan melihat posisi batu ginjal dengan radiasi sinar X-ray dan USG, setelah itu gelombang suara kejut pun akan langsung diarahkan tepat di bagian batu ginjal.

Dari layar monitor, kemudian tim dokter akan bisa langsung melihat apakah batu ginjal tersebut sudah berhasil dihancurkan atau tidak. Biasanya, terapi ini akan berlangsung singkat, hanya sekitar 1 jam. Uniknya lagi, anda tidak perlu dibius.

Apakah terapi ini menyakitkan?

Tentu saja tida. Jahonus menyataan jika terapi ini rasanya seperti dijepret karet. Bahkan bagi beberapa orang, anda akan merasa seperti sedang dipijat, dan saking nikmatnya anda bisa tertidur di ruang perawatan.

Johanus menambahkan, terapi ESWL ini aman untuk segala usia. Hanya saja, sebelum menjalani terapi, anda akan menjalani pemeriksaan lainnya, dari mulai cek fungsi ginjal, dan melihat apaah anda memiliki gangguan perdarahan atau tidak.

Istimewanya lagi, kemampuan terapi ESWL untuk menghancurkan batu ginjal pun tergolong komplit, bahkan hampir semua jenis batu ginjal. Hanya saja, khusus dengan batu ginjal yang mengandung kalsium, terapi ini dipastikan anggak akan mempan. Cuma jalur operasi yang bisa mengangatnya.

Bagaimana menurut anda? Tertarik untuk menjalani terapi ESWL ini?
Sumber :
http://bit.ly/2b1j8YD
http://bit.ly/2aQp0oY
http://bit.ly/2b2EzLe
http://bit.ly/2aLmpeq