Tips Mudah Atasi Nyeri Sendi

Your Image alt

Selama ini, nyeri sendi sangat identik dengan penyakit lansia. Tapi faktanya, nyeri sendi bisa menyerang siapa saja, termasuk anda yang masih berusia muda. Kondisi ini umumnya ditandai dengan rasa nyeri yang terasa diantara bagian penyambung tulang, contohnya sikut atau lutut.

Apa sih penyebab nyeri sendi?

Mengenai penyebabnya sendiri, banyak hal yang bisa membuat sendi terasa sakit. Secara garis besar, penyebab nyeri sendi ini dikelompokan dalam dua bagian, yakni nyeri di satu bagian sendi dan nyeri di beberapa bagian sendi.

Mengenai nyeri sendi di satu bagian sendiri, biasanya disebabkan karena chondromalacia patellae atau kondisi rusaknya tulang rawan di belakang tempurung lutut. Selain itu, nyeri sendi ini pun bisa disebabkan karena Haemarthrosis atau pendarahan dalam ruang sendi, asam urat, dan lainnya.

Sedangkan untuk penyebab terjadinya nyeri sendi di beberapa bagian sendi, umumnya disebabkan karena Osteoarthritis, Psoriatic arthritis, Rheumatoid arthritis, dan lainnya. Untuk kondisi ini, biasanya penanagananya wajib melibatkan dokter.

Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi nyeri sendi, harus dilihat dari tingkat keparahannya. Untuk yang sudah akut, terkadang obat-obatan bisa jadi solusi utama. Sedangkan untuk nyeri sendi yang masih dalam tahap ringan, ada beberapa cara sederhana untuk mengatasinya, yakni dengan cara:

Kompres air dingin

Nyeri sendi dalam tingkatan yang ringan bisa diatasi dengan hanya mengompres bagian yang nyeri dengan air dingin. Caranya, ambil handuk tipis, kemudian letakkan beberapa es batu di dalamnya. Setelah itu anda bisa mengompreskan handuk tersebut di area yang terasa sakit.

Berendam air garam

Nyeri sendi bisa disebabkan karena banyak hal, termasuk ketegangan otot dan lainnya. Nah, untuk mengendukan otot-otot yang tegang tersebut, anda bisa mengatasinya dengan cara berendam di air garam. Tapi ingat, sangat disarankan anda menggunakan garam mandi.

Kompres air panas

Tenryata nyeri sendi pun bisa diatasi dengan kompres air panas. Sama seperti penggunaan air dingin, caranya adalah dengan merendam handuk tipis dalam air hangat, kemudian perah dan tempelkan dibagian tubuh yang terasa nyeri. Alternatif lainnya, anda bisa juga dengan menggunakan kantung kompres.

Sebagai catatan, agar rasa sakit tidak bertambah parah, sebaiknya anda beristirahat dan hindari aktivitas fisik atau gerakan-gerakan yang melibatkan persendian. Selain itu, kalau rasa sakitnya nggak kunjung sembuh, sebaiknya segera hubungi dokter untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan ini. Selamat mencoba!

Sumber :
http://bit.ly/2aO261u
http://bit.ly/2aUu25t
http://bit.ly/2b82ABy