Waspada Keyboard Komputer Juga Bisa Jadi Sarang Kuman

Your Image alt

Karena sering terjamah, keyboard komputer atau lapotop memang selalu terlihat bersih. Terlebih untuk sebagian besar keyboard komputer, kebanyakan menggunakan warna hitam yang memang cukup sempurna untuk menyembunyikan kotoran yang menepel di permukaannya.
Tapi apakah kamu yakin keyobaord komputer kamu benar-benar bersih?

Nggak menjamin lho! Seperti dilansir dalam Mirror.co.uk, menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan CBT Nuggets, menemukan sebuah fakta yang menyatakan jika keyboard komputer sebenarnya merupakan tampat yang jorok, bahkan merupakan sarangnya kuman dan bakteri.

Dalam penelitian ini, tim peneliti mengamai jumlah kuman dan bakteri dalam keyboard komputer dengan cara mengusap beberapa keyboard komputer di kantor. Setelah itu, mereka pun kemudian menghitung rata-rata jumlah satuan pembentukan koloni bakteri dan kuman di dalamnya.

Luar biasa, dalam analisis laboratorium menyebutkan jika rata-rata bagian yang diusap mengandung bakteri 243 lebih banyak ketimbang bakteri tang didapat dari mainan hewan peliharaan. Beberapa bakteri yang paling banyak ditemukan adalah, cocci gram positif, bakteri yang ditemukan dalam penyakit pneumonia.

Tidak hanya itu, para peneliti pun menyebutkan jika keyboard komputer ataupun laptop diperkirakan 20 ribu kali lebih kotor ketimbang toilet duduk. Hal ini membuktikan jika apa yang terlihat selama ini cukup bersih, justru sebenarnya jauh dari kata bersih.

Tidak hanya di keyboard laptop atau komputer saja, ternyata bakteri pun banyak ditemukan dalam perangkat yang tampak bersih lainnya, seperti di mouse komputer sampai dengan smartphone. Hal inilah yang menyebabkan para peneliti bisa menyimpulkan jika bakteri dan kuman sejatinya ada dimana-mana.
Lantas, kenapa bisa seperti ini?

Mungkin kalian bingung bagaimana mungkin tempat yang terlihat bersih bisa menjadi sarang kuman. Well, usut punya usut ternyata hal ini berkaitan dengan kebiasaan para pengguna komputer yang jarang sekali membersihkan keyboard dengan menggunakan tissue antiseptik.

Padahal selama bertahun-tahun, kita sudah terbiasa mengetik tanpa berfikir apakah tangan kita ini bersih atau kotor. Bahkan sangat jarang ada orang yang menyempatkan diri untuk mencuci tangan dulu sebelum akhirnya mulai bersentuhan dengan keyboard.

Penyebab lainnya, debu dan polusi sangat sulit untuk dihindari. Tidak jarang partikel-partikel kecil ini membawa beberapa jenis bakteri, yang kemudian menepel di permukaan keyboard, hingga akhirnya mereka beranak pinak dan membentuk koloni.

Untuk mengatasinya, mulailah untuk rutin mengelap permukaan keyboard dengan menggunakan tissue antiseptik. Jangan lupa, pastikan juga keyboard kamu selalu dibersihkan dari debu dan kotoran dengan cara menyedotnya menggunakan vacum cleaner.

Sumber:
http://bit.ly/2gDanXr
http://bit.ly/2g0hE3A
http://bit.ly/2g0h85r