Akupuntur Bermanfaat untuk Penderita Asam Lambung?

Belakangan ini tren pengobatan tusuk jarum, atau akupunktur, terus berkembang. Bahkan ketika berjalan ke pusat Kota, banyak klinik-klinik sederhana yang menyajikan pengobatan asal China ini. Selain diklaim aman, konon katanya akupunktur efektif mengobati berbagai masalah kesehatan, termasuk asam lambung.

Selain itu, pengobatan alternatif ini pun banyak dipilih karena banyak orang yang sudah merasaan reaksi positifnya, dan sangat jarang ada keluhan pasien yang menderita efek samping.

Benarkah klaim tersebut, atau ini hanya strategi cari untung saja?

Menurut dr Ainil Masthura, spesialis akupuntur dari RS Evasari Awal Bros, masalah asam lambung, atau yang dalam bahasa medis dikenal dengan nama Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), merupakan kondisi naiknya asam lambung karena katup lambung yang tidak berfungsi dengan baik.

Kondisi ini umumnya disebabkan karena asam lambung yang naik menuju esofagus. Hal inilah yang membuat penderita asam lambung akan mengalami rasa nyeri di ulu hati, atau merasakan sensasi terbakar di bagian dada, pahit di mulut dan lainnya.

Untuk mengatasinya, banyak cara yang bisa anda lakukan, salah satunya dengan menggunakan tekni akupuntur. Pengobatan ini bekerja dengan cara membantu mengatasi sekresi asam lambung yang berlebihan, hingga akhirnya mampu mempercepat kontraksi usus dan lambung.

Jika sudah diraih dengan maksimal, maka makanan pun tidak akan terlalu lama diam dalam lambung. Selain itu, akupuntur pun efetif untuk memperkuat spincter esophagus, yang bisa menyebabkan pengembalian cairan lambung ke esophagus tidak terjadi.

Untuk bisa melakukannya dengan baik, sebaiknya lakukan pengobatan ini di klinik akupuntur yang sudah terpercaya, dan harus dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli dan bersertifikasi. Selain itu, pastikan jarum yang digunakan dalam proses pengobatannya benar-benar steril.

Tidak hanya asam lambung

Tidak hanya mampu mengobati masalah kesehatan seperti asam lambung, akupuntur pun diketahui dapat mengatasi berbagai masalah sistem pencernaan lainnya, termasuk mengatasi diare, mual, mulas, sulit kencing, infeksi saluran kemih, ketegangan PMS dan lainnya.

Selain itu, teknik pengobatan asal China ini pun bisa mengatasi masalah mata, termasuk rabun, katarak dan sejumlah masalah kesehatan lainnya. So, sebelum menempuh pengobatan medis yang mungkin akan menelan biaya banyak, kenapa nggak coba akupuntur. Setuju?

Sumber
http://bit.ly/2aCKkAS
http://bit.ly/2biEG8e
http://bit.ly/2bhbnzR