Amankah Beli Obat dan Produk Kesehatan via Dunia Maya?

Your Image alt

Beli obat dan produk kesehatan saat ini tidak hanya bisa kita lakukan dengan mendatangi langsung toko obat dan produk kesehatan karena sudah cukup banyak toko obat online yang tersedia di dunia maya. Lebih mudah dan praktis memang, tapi amankah?

Meningkat di Sejumlah Negara Dunia

Jangan terlena dengan kemudahan yang ditawarkan oleh toko obat dan produk kesehatan di dunia maya karena ternyata menurut info kesehatan di situs republika.co.id, Dr Philippa Binns, penasihat klinis NPS MedicineWise, gaya hidup membeli obat via dunia maya memang terus meningkat di sejumlah negara.

Tapi Binns memperingatkan bahwa walaupun semua situs (toko online) tersebut memang tampaknya profesional, situs-situs tersebut tidak pernah meminta resep dokter atau pernyataan medis dari ahli medis. Hal ini tentu bisa menjadi sangat berisiko untuk kesehatan tubuh kita.

Sebuah info kesehatan yang dikeluarkan oleh US Food and Drug Administration mengungkapkan sebuah fakta bahwa 72% dari jenis obat-obat terkenal yang beredar dan dijual via dunia maya mengandung bahan kimia yang berisiko menyebabkan stroke dan kematian mendadak.

Fakta tersebut bukan isapan jempol semata karena sebuah kasus di Adelaide, Australia sudah membuktikan hal ini. Di Adelaide, ada seorang wanita harus menjalani perawatan di rumah sakit karena psikotis. Ia mengonsumsi suplemen kesehatan yang berfungsi melangsingkan tubuh yang ia beli melalui dunia maya. Suplemen yang ia beli tersebut ternyata ditemukan mengandung sibutramine, yang bisa menyebabkan masalah pada organ jantung.

Pakai Cara Ini Agar Aman!

Agar aman, kamu yang mau membeli obat melalui dunia maya harus mengetahui beberapa hal berikut ini!

1. Jangan tertipu obat palsu

Belilah obat yang ingin kamu beli di situs web farmasi yang memang resmi dan terpercaya. Membeli obat di sembarang situs sangat berisiko obat yang kamu beli adalah obat palsu yang mungkin saja mengandung bahan yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

2. Toko obat online terpercaya selalu meminta resep dokter untuk obat-obatan tertentu

Beda dengan toko obat online yang kurang terpercaya, toko obat online terpercaya selalu meminta resep dokter jika obat-obat yang ingin dibeli oleh konsumennya memang mengharuskan resep dokter. Karena itulah jangan membeli obat di situs yang tidak meminta resep untuk obat-obatan yang kamu ketahui harus menggunakan resep dokter.

3. Cek obat yang sudah kamu beli

Sebelum dikonsumsi, cek obat yang kamu beli via dunia maya tersebut dengan cermat dan teliti. Jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan seperti segel yang rusak dan lain sebagainya, jangan dikonsumsi. Segera kembalikan dan minta ganti atau jika memang tidak ada penggantian, segera musnahkan obat yang sudah kamu beli tersebut agar risiko dikonsumsi oleh orang lain bisa diminimalisir.

Sumber:
http://bit.ly/2j7G0eO
http://wb.md/2CVciSX
http://bit.ly/2kCivee
http://bit.ly/2BBGapG