Apa Saja Manfaat Berjemur Bagi Kesehatan?

Your Image alt

Berjemur di bawah sinar matahari memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang ketika menyentuh permukaan kulit, diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Selain bermanfaat untuk kesehatan dan imunitas tubuh, berjemur juga bermanfaat untuk kulit wajah. Dikutip dari wolipop.detik.com, berikut beberapa manfaat berjemur di pagi hari:

1. Meningkatkan kesehatan tulang.
Vitamin D merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat menguatkan tulang. Vitamin D3 juga memiliki peran penting untuk kepadatan tulang. Ketika kita memiliki kandungan vitamin D3 yang lebih tinggi di dalam darah, maka sangat kecil kemungkinan akan menderita penyakit tulang. Oleh karena itu, kegiatan berjemur di pagi hari sangat penting bagi kesehatan tulang.

2. Menurunkan tekanan darah.
Penelitian yang dilakukan oleh University of Edinburgh, senyawa nitric oxide akan dilepaskan ke pembuluh darah setelah sinar matahari menyentuh kulit. Senyawa tersebut dapat berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh.
Paparan sinar matahari dapat membantu menekan sistem imun yang terlalu aktif, sehingga sinar matahari dapat mengobati penyakit autoimun seperti psoriasis. Di samping itu, sel darah putih akan meningkat ketika terpapar sinar matahari, sehingga dapat memerangi penyakit dan mencegah infeksi pada tubuh. Nah, makanya, berjemur di pagi hari sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita!

4. Menyembuhkan gangguan kulit.
Terapi paparan sinar matahari pada saat berjemur di pagi hari dapat membantu penyembuhan beberapa gangguan kulit, seperti jerawat, psoriasis, eksim, dan infeksi pada kulit lainnya. Akan tetapi, terapi ini harus dilakukan di bawah pengawasan medis untuk mencegah efek samping dari radiasi UV

5. Meningkatkan fungsi otak.
Sinar matahari dapat membantu memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus yang merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk membentuk, mengatur, dan menyimpan memori. Sehingga, vitamin D yang kita dapat melalui berjemur di pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak. Sebelum berjemur, pastikan Anda melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dengan menggunakan produk lotion yang mengandung sun protection factor / SPF setidaknya SPF 24 atau di atasnya. Aplikasikan antara 20-30 menit sebelum berjemur. Untuk memberikan
perlidungan lebih untuk kekebalan tubuh, rutinlah mengonsumsi suplemen yang alami, seperti BRAND'S yang telah terbukti memberikan energi pada sel imun tubuh untuk melawan virus.

Source:  https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-4954312/10-manfaat-berjemur-sinar-matahari-pagi-hari