Bahaya Diagnosis Kesehatan dengan Internet

Your Image alt

Internet, sumber segala informasi, termasuk berbagai info kesehatan. Mulai dari gejala, penyebab dan cara mengobati atau mencegah suatu penyakit bisa dengan mudah ditemukan di dunia maya. Karena sangat mudah inilah banyak orang kemudian melakukan diagnosa penyakit hanya dengan mencari informasi yang ada di internet.

Bahkan, tidak sedikit pula yang kemudian tidak ragu mengonsumsi obat yang mereka dapatkan informasinya dari internet tapa konsultasi dengan dokter. Amankan diagnosis hanya berdasarkan info dan tips kesehatan yang ada di dunia maya?

Diagnosis Penyakit Melalui Wikipedia?

Dari sekian banyak situs yang menyajikan informasi di dunia maya, satu situs yang menyajikan berbagai informasi mulai dari biografi orang terkenal sampai informasi kesehatan adalah situs Wikipedia.

Situs ini memang menyajikan info yang cukup lengkap, melakukan diagnosis hanya berdasarkan info yang ada di situs ini adalah ide yang sangat buruk dan sebaiknya tidak Anda lakukan. Kenapa? Walaupun seringkali menyajikan info yang benar, tidak jarang info yang disajikan di situs ini mengandung beberapa kesalahan faktual.

Menurut Robert Hasty dari Campbell University, Amerika, seperti dilansir Daily Mail, 27 Mei 2014, artikel-artikel yang ada di Wikipedia tidak melalui proses ulasan para dokter sebagaimana jurnal kedokteran pada umumnya.
Situs wikipedia tidak seperti ensiklopedia tradisional karena memungkinkan penggunanya untuk membuat, menghapus dan mengedit isi artikel. Inilah yang menurut Robert Hesty yang membuat risiko kesalahan info di artikel yang ada di wikipedia menjadi tinggi.

Wajib Konsultasi dengan Ahlinya

Mencari informasi melalui internet memang tidak dilarang, tapi jika sudah melakukan diagnosis tanpa konsultasi dulu dengan dokter hal ini sudah menjadi tindakan yang tidak dibenarkan. Selengkap apapun informasi di dunia maya, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter.

Kepala Bombay Psychiatric Society, Dr. Kersi Chavda, seperti dikutip dari laman Idivo.com, mengungkapkan bahwa banyak sekali info dan tips kesehatan di internet yang belum tentu berasal dari orang yang kompeten di bidang kesehatan. Bahkan info yang ada di situs resmi kesehatan pun belum bisa dijadikan sumber untuk melakukan pengobatan sendiri.

Dunia maya (internet) memang sumber informasi yang baik dan lengkap. Tapi ingat, info-info tersebut tidak bisa dijadikan alat diagnosa penyakit apapun. Jangan sekali-kali mendiagnosa penyakit sendiri, apalagi kemudian membeli obat tanpa resep dari dokter dan hanya berdasarkan info yang ada di dunia maya.

Jadikan informasi dan tips kesehatan yang ada di dunia maya (internet) sebagai pengetahuan tambahan tentang kesehatan saja. Selebihnya biarkan dokter yang merupakan ahlinya dalam bidang kesehatan, yang mendiagnosa penyakit dan memberi Anda resep obat untuk mengobati penyakit yang Anda derita. Ingat, risiko mendiagnosa penyakit sendiri sangat besar dan Anda tentu tidak ingin penyakit yang Anda derita malah bertambah parah.

Sumber:
http://bit.ly/2C4QTGD
http://bit.ly/2ygpM8u
http://bit.ly/2C6rQCO
http://bit.ly/2BUTgLc