Ingin Ginjal Sehat? Berikut Trik Sederhana Yang Wajib Dilakukan

Your Image alt

Penelitian terbaru dari National Kidney Foundation yang bekerja sama dengan Dr. Allan Jhagroo, dokter spesialis batu ginjal di University of Wisconsin School of Medicine and Public Health, menyebut jika kasus batu ginjal saat ini tengah berkembang dengan sangat pesat.

Untuk membantu supaya ginjal kamu sehat, sekaligus membongkar beberapa mitos tentang batu ginjal, berikut merupakan beberapa saran yang diberikan Dr. Allan Jhagroo.

Minum air putih

Minum banyak air putih merupakan salah satu langkah terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menghindari terjadinya batu ginjal. Selain untuk mencegah dehidrasi, cara ini pun efektif untuk menjaga jumlah urin tetap terjaga, sekaligus membantu membuang banyak racun dari dalam tubuh.

Idelanya, anda seharusnya minum setidaknya 8 gelas air putih per hari. Tapi jika kamu termasuk orang yang banyak melakukan aktivitas berat, kebutuhan air putih ini bisa saja lebih tinggi.

Bukan sekadar soal oksalat

Oksalat secara alami banyak ditemukan dalam makanan yang kita konsumsi, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, cokelat, teh dan lainnya.

Untuk menghindari terbentuknya batu kalsium oksalat (batu ginjal paling umum), sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan oksalat bersama-sama. Kedua zat ini akan lebih mungkin saling mengikat hingga akhirnya efektif menurunkan risiko batu ginjal kalsium oksalat terbentuk.

Kalsium bukan musuh

Seperti disebutkan diatas, untuk menghindari batu kalsium oksalat, kamu disarankan untuk mengimbangi konsumsi makanan tinggi kalsium dan oksalat secara bersamaan. Dengan kata lain, kalsium bukan harus dijauhi, tapi dikonsumsi sesuai kebutuhan.

Lagian menurut Dr Jhagroo, banyak kasus batu ginjal terjadi saat mereka menjauhi kalsium. Hal ini tidak lepas dari fungsi makanan tinggi kalsium yang bertugas mengikat oksalat dan mencegah batu ginjal.

Satu kali belum tentu selesai selamanya

Masih dalam penelitian yang sama, Dr Jhagroo menyebut jika kasus batu ginjal kambuhan masih sangat sering terjadi. Hal ini berkaitan dengan mitos yang menyebut jika batu ginjal hanya terjadi sekali.

Padahal, kenyataannya tidak begitu. Batu ginjal berpeluang terbentuk kembali saat kamu mulai lengah. Untuk mengatasinya, jaga asupan makanan dengan baik, konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, dan maksimalkan dengan konsumsi lemon setiap hari.

Jaga kesehatan ginjal dengan gaya hidup sehat!

Agar kesehatan ginjal dan kesehatan tubuh secara keseluruhan tetap terjaga, jalanilah gaya hidup sehat yang bisa dimulai dengan rutin berolahraga, istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan sehat tiap hari yang dilengkapi dengan suplemen makanan.

Suplemen kesehatan terbaik yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan adalah Brands saripati ayam. Suplemen makanan ini terbuat dari bahan alami yang diekstrak dari daging ayam berkualitas terbaik. Brands saripati ayam mengandung asam amino dan peptide-peptida yang mudah dicerna.

Selamat mencoba!

Sumber :

http://bit.ly/2odgYQ3

http://bit.ly/2nxROIO

http://bit.ly/2nCh4z6