Ini Pentingnya Olahraga untuk Kurangi Stres Selama Hari Kerja

Your Image alt

Tuntutan pekerjaan dan kerasnya persaingan, merupakan hal yang harus dihadapi mereka yang bergelut di dunia kerja, khususnya di kota-kota besar. Ini belum termasuk kemacetan dan tingginya kebutuhan hidup, telah membuat posisi kaum pekerja keras ini dihadapkan kepada risiko stres pekerjaan yang cukup tinggi.

Yang paling mengerikan, dampak stres ini ternyata tidak hanya berbahaya untuk kesehatan mental dan prestasi kerja saja. Lebih dari itu, stres membuat kamu berisiko mengidap menyakit akrdiovaskular, seperti tingginya kolesterol, penyakit jantung, darah tinggi dan lainnya.

Terus, gimana dong cara mengatasinya?

Untuk mengatasinya, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa menyempatkan diri untuk mengambil liburan di akhir pekan, atau bisa juga dengan cara yang sangat murah dan sederhana, yakni rutin berolahraga, minimalnya 30 menit setiap hari.

Klaim olahraga bisa mengatasi stress telah dibuktikan lewat serangkaian percobaan ilmiah, salah satunya sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science In Sports & Exercise, yang menyatakan jika olahraga efektif untuk menekan tingkat stres.

Dalam penelitian ini, para ilmuwah bekerja dengan cara mempelajari tingkat kebugaran dari 200 karyawan di Swedia. Setelah itu, mereka kemudian membuat catatan tentang kemungkinan faktor risiko stres dan hubungannya dengan masalah kardiovaskular, seperti kolesterol, bobot tubuh, tekanan darah dan lainnya.

Dilansir dalam huffingtonpost.com, para peneliti berhasil menyimpulkan jika sebagian besar individu yang stres, memiliki kemungkinan yang cukup tinggi untuk menderita risiko kesehatan, terutama yang berhubungan dengan jantung, dan tekanan darah.

Yang paling menarik, karyawan dengan kondisi badan yang prima justru berada di peringkat atas sebagai karyawan dengan kinerja terbaik, tingkat stres yang rendah dan kondisi kesehatan yang lebih baik.

Menurut Markus Gerberof, selaku penulis studi, sekaligus profesor di University of Basel, menyebutkan jika stres merupakan kondisi yang sangat merugikan, dimana kondisi ini akan membuat seseorang cenderung jarang melakukan kegiatan fisik secara rutin.

Mereka yang diduga mengalami stres, cenderung lebih memilih untuk langsung pulang ke rumah, duduk di sofa dan menonton acara hiburan sambil menikmati camilan. Hal in berbeda dengan karyawan dengan prestasi membanggakan. Mereka akan lebih memilih berolahraga sepulang bekerja.

Tidak hanya itu, terkadang mereka pun mengisi waktu luangnya dengan aktivitas di luar ruangan yang menuntut banyak bergerak, seperti berjalan-jalan di taman, jogging di akhir pekan atau menikmati waktu bersama keluarga dengan aktivitas yang menyenangkan. Bagaimana, masih mau malas-malasan?

Sumber :
http://bit.ly/2hnH13h
http://bit.ly/2hhwxli
http://bit.ly/2gBXkdj