Lakukan Ini 30 Menit Selepas Olahraga

Your Image alt

Apakah anda suka berolahraga? Jika iya, maka tahapan berolahraga itu sendiri harus diperhatikan. Terlebih lagi tahapan sesudah olahraga. Selama 30 menit sesudah melakukan olahraga, anda wajib menjalani pendinginan yang ternyata punya manfaat kesehatan yang sama pentingnya dengan olahraga intinya sendiri. Yuk simak detail pendinginannya disini.

Apa yang harus anda Lakukan di 10 menit Awal Pendinginan?

Anda harus melakukan peregangan. 10 menit diawal peregangan merupakan kondisi saat otot masih hangat sesudah bergerak. Sebelum otot itu dingin, sebaiknya peregangan dilakukan karena 30 menit oto baru dalam keadaan dingin. Nah lebih berbahaya lagi ketika kita melakukan peregangan saat otot sudah dingin yaitu resiko otot kram maupun cidera.

Setelah peregangan dilakukan di 10 menit pertama, lalu apa yang harus dilakukan?

Ketika sebagian orang memilih mandi karena tubuh dalam keadaan panas, and sebaiknya berganti baju terlebih dahulu. Pasti pakaiannya berpeluh keringat. Ingat, bakteri dan jamur suka sekali hidup di tempat-tempat seperti itu. Akan lebih menyejukkan jika anda melap badan anda dengan handuk kecil yng sudah dibasahi, dahulukan bagian wajah.

Ketika tubuh sudah segar, bolehkah saya makan?

Ketika berolahraga, energi yang dikeluarkan sangat banyak. Ada baiknya sesudah berolahraga anda mengkonsumsi makanan sehat sehingga energi pulih. Akan tetapi perlu diingat juga konten makanan yang dimakan. Sesuaikan nutrisi sesuai diet anda. Perbanyak serat seperti sayuran dan buah serta vitamin serta vitamin.

Olahraga tanpa asupan makanan bisa menyebabkan anda sakit. Makanan pun harus disesuaikan dengan tujuan anda berolahraga. Karbohidrat dan protein harus dalam perbandingan 1:1. Namun jika hanya ingin punya berat badan stabil, anda bisa menaikkan perbandingan karbohidrat dan protein sebanyak 3:1.

Apa sajakah tipe-tipe gerakan pendinginan sesudah berolahraga?

– Seated Hamstring Streth.

Dengan posisi duduk dan kaki lurus ke depan, kedua tangan berusaha meraih ujung kaki. Jika belum bisa sampai ujung kaki, anda cukup memegang sampai lutut atau tulang kering.

– Quad Stretch

Quad stretch ini berguna untuk meregangkan otot paha depan. Anda bisa berada pada posisi berdiri dan memegang kaki kanan dari belakang. Bergantian dengan kaki kiri, anda bisa berpegangan dengan tembok untuk keseimbangan.

– Shoulder Stretch

Sesudah berolahraga yang memaksimalkan gerak punggung, anda bisa melakukan shoulder stretch. Arahkan tangan kanan anda ke sisi kiri dengan menggunakan tangan kanan, begitu juga sebaliknya. Rasakan peregangan di bahu kanan dan kiri. Otot bahu merupakan tumpuan tulang belakang oleh karena itu peregangan pada otot ini adalah wajib.

Kalau pelu, iringi juga peregangan otot anda dengan lagu yang santai sehingga irama jantung kembali ke detak normal. Lakukan peregangan dengan merasakan otot yang diregangkan. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati. Peregangan yang tidak dilakukan dengan hati-hati akan menyebabkan otot cedera.

Sumber:
http://bit.ly/2dfCiMj
http://bit.ly/2cQfZgy
http://bit.ly/2d9NCOo
http://bit.ly/2dfACT6