Manfaat Renang untuk Kesehatan Otak

Your Image alt

Saat berenang, tubuh langsung bersentuhan dengan air. Rasanya segar dan seolah seluruh beban yang ada di kepala, tercuci habis oleh kesegaran air yang jernih. Tidak hanya itu, dalam sebuah penelitian pun dinyatakan jika berenang efektif mengusir stres.

Nah, ternyata tidak hanya stress lho. Masih banyak manfaat lainnya yang dirasakan otak saat kamu rutin berenang. Berikut merupakan manfaat berenang yang sehatkan organ otak, seperti dilansir dalam Medical Daily.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Saat berenang, aliran darah menuju ke otak akan jauh lebih maksimal. Kondisi ini terbukti efektif untuk membantu meningkatkan memori, kejernihan otak, meningkatkan mood, menjaga fokus agar teteap terjaga dengan baik, dan memperlancar aliran darah ke otak.

Menurut Bob Prichard, selaku pelatih atlet renang Amerika untuk Olimpiade, menyatakan jika berenang bermanfaat untuk mengalirkan darah ke bagian otak, bahkan aliran darah ini jauh lebih deras ketimbang olahraga darat lainnya, seperti lari, menarik dan lainnya.

Memperbaiki Mood

Sebenarnya, tidak hanya renang saja, hampir seluruh olahraga dapat melepaskan faktor neurotropik di otak, yang bernama endorfin. Nah, hormon inilah yang terbukti sangat baik untuk mengurangi stres, menghilangkan mood buruk dan kecemasan.

Menurut Dr.David Coppel, selaku pakar neuropsikologi, menyatakan jika renang dan olahraga lainnya, sangat efektif untuk mengurangi gejala depresi, merangsang produksi hormon bahagia, mengurangi panik, kesedihan dan berbagai kondisis psikologis lainnya.

Meningkatkan Daya ingat

Saat berenang, kerusakan sel otak akan diperbaiki, dan yang sudah mati akan diganti dengan yang baru dengan menggantikan neuron yang hilang di hipokampus, yang merupakan bagian otak yang terlibat dalam kemampuan belajar dan memori.

Lebih dari itu, ketika kita melakukan olahraga renang, oksigen yang dibutuhkan jauh lebih besar ketimbang olehraga lainnya, hal inilah yang akan membuat aliran oksigen ke otak pun akan lebih besar, sehingga jika dilakukan secara rutin, kondisi ini efektif untuk meningkatkan daya ingat.

Meningkatkan Kemampuan Belajar

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2012 silam, menyimpulkan jika kebiasaan berenang yang sudah dilakukan seja usia muda, efektif untuk meningkatkan fokus dan kemampuan belajar anak-anak. Hal ini terlaksanak berkat mereka sudah terbiasa meningkatkan kemampuan koordinasi otak dan tubuh sejak dini.

Selain itu, gerakan dalam renang pun ternyata efektif untuk membantu perkembangan serat saraf di corpus callosum, yang merupakan bagian otak yang berperan dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi, meningkatkan keterampilan motorik visual, dan keterampilan menangani tugas-tugas matematis.

Sumber:
http://bit.ly/2eBzdcp
http://bit.ly/2fGmTnZ
http://bit.ly/2fKO3xl