Mau Kesehatan Tubuhmu Terjaga? Tertawalah!

Your Image alt

Saat sedang merasa bahagia, mayoritas orang akan mengungkapkannya dengan tertawa. Tapi tidak hanya sekedar untuk menunjukkan seseorang sedang berbahagia, tertawa juga menurut banyak info kesehatan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Benarkah? Berikut adalah beberapa manfaat tertawa untuk kesehatan tubuh yang informasinya didapat dari situs life.viva.co.id.

1. Menurunkan kadar stres

Ketika kita tertawa, tubuh akan menekan beberapa hormon yang tidak baik untuk tubuh, dan salah satunya adalah kortisol, hormon penyebab stres. Sudah bukan rahasia lagi stres juga dibiarkan selain bisa menurunkan motivasi kerja bisa juga membuat kesehatan tubuh kita terganggu.

2. Sirkulasi darah meningkat

Tahukah kamu bahwa tertawa ternyata membutuhkan aliran darah ke hampir semua bagian tubuh kita, termasuk jantung dan otak. Karena itulah tertawa bisa membantu sirkulasi darah dalam tubuh meningkat. Selain itu, tertawa juga bisa dikatakan sebagai obat tekanan darah tinggi alami karena bisa membuat tekanan darah menurun karena memang pada dasarnya tertawa mempunyai efek menurunkan stres dan juga menenangkan.

3. Salah satu olahtubuh yang bermanfaat

Tertawa juga bisa dikatakan sebagai salah satu olahtubuh yang melibatkan rahang dan wajah. Menurut beberapa studi yang diinformasikan oleh situs life.viva.co.id, saat kita tertawa sampai terbahak-bahak, semua bagian tubuh akan tersentak sehingga seperti sedang melakukan olahtubuh atau olahraga.

4. Kekebalan tubuh meningkat

Sejumlah studi yang informasinya terdapat di situs life.viva.co.id membuktikan bahwa tertawa bisa memberi stimulus pada sitem kekebalan tubuh manusia. Itulah sebabnya sering tertawa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga penyakit yang sering menyerang saat daya tahan menurun seperti flu dan batuk bisa lebih mudah dicegah.

5. Menjaga kesehatan paru-paru

Ketika kita tertawa, diagfragma dan paru-pari kita akan terdorong. Hal ini akan bisa membantu paru-paru terisi dengan oksigen yang efeknya akan membantu paru-paru menjadi lebih bersih sekaligus membuka dada kita sehingga bisa bernapas lebih dalam.

6. Rasa nyeri mereda

Tertawa bisa dikatakan sebagai cara terbaik untuk mengatasi rasa nyeri. Tertawa saat kita sedang menghadapi rasa sakit benar-benar bisa membantu kita untuk merasa lebih baik. Tidak cuma itu, tertawa juga ampuh mengusir rasa cemas atau takut yang hadir karena rasa sakit pada tubuh.

7. Memori meningkat

Ketika kita tertawa, jumlah oksigen yang kita hidup akan lebih banyak. Oksigen yang banyak terhirup ini bisa membantu untuk mengisi ulang sel-sel yang ada di otak kita. Karena itulah tertawa bisa membantu untuk meningkatkan memori sekaligus keterampilan motorik kita.

Melihat banyaknya manfaat dari tertawa untuk kesehatan, mulailah dari sekarang untuk lebih sering tertawa. Tapi ingat, tertawalah di saat yang tepat agar orang-orang di sekitarmu tidak curiga ada yang salah dengan dirimu.

Sumber:
http://bit.ly/223lwnt
http://bit.ly/1pucuA2
http://bit.ly/1KpCnnX
http://bit.ly/2kcdj1m