Mudah Lelah saat Bekerja? Fakta-fakta Soal Sari Pati Ayam Ini Bisa Jadi Solusimu

Your Image alt

Tubuh jadi tetap fit!

Apakah kamu sering menemukan dirimu menguap di siang hari? Atau merasa tubuhmu gak fit setelah bangun tidur? Nah, bisa jadi kamu mengalami kelelahan yang cukup akut. Ada perbedaan dari sekadar merasa capek sehabis bekerja atau olahraga dibanding rasa lelah yang kita alami sepanjang hari.
Memang sih, tuntutan pekerjaan kerap membuat rasa lelah jadi hal yang terkadang gak bisa kita hindari. Misalnya, kita harus bangun lebih pagi karena harus menghadapi macet, meeting di luar kantor, hingga harus lembur.
Lalu bagaimana dengan sari pati ayam sebagai solusi? Nah, penggunaan sari pati ayam sudah digunakan sejak dulu lho. Sari pati ayam memiliki khasiat yang terbukti secara ilmiah dapat membantu memulihkan rasa lelah. Dibalik salah satu manfaatnya yang bisa memulihkan stamina, sari pati ayam juga memiliki khasiat lain yang akan sangat membantu, khususnya untuk para pekerja keras seperti kamu. Hmmm, apa saja ya? Yuk, disimak!

1. Mengurangi rasa lelah

Untuk mendapatkan pasokan energi tambahan biar tetap melek, sebagian orang sering mengandalkan beberapa cara, misalnya dengan kopi atau minuman penambah energi. Terkadang membantu, tapi terkadang juga enggak.
Kopi dan minuman energi dikatakan dapat membuat kita “terbangun” dan menambah energi berkat kandungan kafein yang cukup tinggi di dalamnya. Sementara untuk minuman berenergi, ada penambahan gula yang jumlahnya gak sedikit di dalamnya.
Tentu sejak dulu diketahui bahwa gula dapat memberikan kita pasokan energi dengan cepat namun singkat atau dikenal dengan istilah sugar rush. Tapi semua orang pun tahu, konsumsi gula yang berlebihan juga gak baik untuk kesehatan.
Selain gula dan kafein, minuman berenergi juga mengandung beragam zat lain seperti vitamin, taurine, dan L-carnitine yang jumlahnya biasanya lebih banyak dibanding makanan atau minuman alami yang mengandung zat serupa. Campuran kafein beserta zat-zat tersebut lah yang dapat membuat kamu merasakan suntikkan energi.
Namun, percampuran antara zat-zat ini memberikan dampak pada sistem kardiovaskularmu yang jika berlebihan, dapat membuatmu mengalami gangguan sistem kardiovaskular seperti gagal jantung. Jadi harus lebih hati-hati ya.
Nah, alternatif yang lebih menyehatkan dan alami adalah sari pati ayam. Sebagai salah satu jenis suplemen kesehatan yang alami, sari pati ayam ternyata terbukti dapat mengurangi kelelahan. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat mengembalikan kondisi tubuh ke tingkat optimal. Stamina pun jadi lebih terjaga dan tahan banting lebih lama.

2. Meningkatkan konsentrasi

Merasa gagal fokus saat bekerja? Gak jarang orang sering mengonsumsi kopi. Kandungan kafeinnya sebagai stimulan bagi sistem saraf memang dapat membuat kamu lebih alert. Tapi jika terlalu sering, efeknya bisa membuat kamu ketagihan dan ketergantungan. Misalnya, di awal kamu hanya butuh satu cangkir untuk membuatmu terjaga, berikutnya mungkin bisa butuh dua hingga tiga cangkir.
Minum kopi juga ada batasannya lho. Dilansir dari mayoclinic.org, jika kamu mengonsumsi lebih dari empat cangkir kopi berkafein dalam sehari, kamu bisa merasakan beberapa efek sampingnya, seperti susah tidur, cemas, denyut jantung yang meningkat, hingga sakit kepala. Kamu juga berpotensi lebih tinggi mengalami gangguan kesehatan lainnya, seperti masalah jantung dan tekanan darah tinggi.
Nah, sari pati ayam juga bisa meningkatkan konsentrasi karena kandungan protein asam aminonya dapat membantu meningkatkan aliran oksigen dalam darah ke otak. Hal ini yang membuat pikiran kita lebih jernih sehingga lebih mudah untuk konsentrasi. Selain itu, dikonsumsi sebanyak apa pun tidak akan memiliki efek samping.
Dalam sebuah jurnal ilmiah yang dipublikasikan tahun 2013 di National Center for Biotechnology Information, mengonsumsi sari pati ayam dapat meningkatkan daya pikir sehingga dapat merespon sesuatu dengan lebih cepat.
Pada penelitian tersebut, sebanyak 20 orang dibagi dua kelompok, yakni yang mengonsumsi sari pati ayam dan minuman protein. Hasilnya, selama 1-4 minggu, orang yang mengonsumsi sari pati ayam memiliki respon daya pikir yang lebih cepat dibanding yang tidak. Selain itu, dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa sari pati ayam dapat membantu memulihkan mental yang lelah.

3. Meningkatkan mood

Gak bisa dipungkiri, pekerjaan adalah salah satu faktor utama kadar stres bisa meningkat. Tentunya ini akan mengubah mood yang bisa berdampak pada hasil kerja sehingga jadi gak optimal. Gak mau kan kena omel bos karena masalah ini?
Nah, gak cuma memulihkan stamina, sari pati ayam juga terbukti dapat meningkatkan mood kamu jadi lebih positif lho. Dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan tahun 2015 oleh National Center for Biotechnology Information, konsumsi sari pati ayam secara rutin akan membuatmu gak gampang cemas, gak gampang stres, dan memiliki pikiran yang lebih jernih.
Kadar stres dalam tubuh kita sangat dipengaruhi oleh salah satu hormon bernama hormon kortisol. Tubuh akan memproduksi hormon ini lebih banyak jika kamu dilanda stres, baik secara fisik maupun secara psikologis.
Dengan mengonsumsi sari pati ayam secara rutin, kandungan bio amino peptida protein di dalamnya dapat menormalisasi hormon yang sedang melonjak tersebut. Sehingga kadar hormon kortisol dalam tubuh tetap terkontrol dan mood kamu juga terjaga.

4. Bisa dibuat sendiri atau dibeli dalam bentuk suplemen

Buat kamu yang tertarik untuk mencoba sari pati ayam, kamu bisa membuatnya sendiri lho di rumah dengan membuat kaldu ayam. Namun proses ini tentunya gak praktis dan memakan waktu sehingga ada alternatif lain yang lebih simpel.
Nah, alternatif yang lebih sederhana adalah dengan “meminum” ayamnya yang bisa kamu beli di pasaran dalam bentuk suplemen cair siap minum. Yang membedakan terletak dari kandungan lemaknya, lebih simpel, dan ga repot. Biasanya dalam bentuk suplemen, kadar lemak sudah dihilangkan. Tertarik mencoba?

Source: IDN Times (https://www.idntimes.com/health/fitness/ivan-tirta/fakta-soal-sari-pati-ayam-csc/full)