Penyakit-Penyakit Berbahaya Ini Hantui Pegawai Kantoran

Your Image alt

Apapun pekerjaannya, tidak ada yang benar-benar aman dari penyakit. Bahkan untuk pekerja kantoran yang sehari-hari hanya duduk di depan komputer, dan selalu berada di lingkungan yang dianggap bersih pun tetap saja memiliki risiko penyakit yang bisa mengganggu kesehatan yang selalu membayangi.

Jadi jangan anggap orang kantoran itu enak ya! Berikut merupakan beberapa penyakit berbahaya yang selalu mengintai para pekerja kantoran.

Sindrom karpal tunnel

Selama bekerja di depan komputer, kamu akan lebih banyak menggerakan jari untuk mengetik. Walaupun terlihat ringan, gerakan yang terjadi secara terus menerus ini berisiko menyebabkan timbulnya sindrom karpal tunner yang merupaan rasa nyeri, kesemutan dan baal di jari tangan.

Untuk mengatasinya, cobalah luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan peregangan ringan agar ketegangan di pergelangan tangan bisa sedikit mengendur.

Maag

Saat harus mengejar deadline, banyak orang yang terus menerus terfokus kepada pekerjaan hingga akhirnya mengabaikan waktu makan. Kalaupun menyempatkan waktu untuk makan, kamu akan sulit menimatinya hingga akhirnya proses mengunyah pun kurang maksimal.

Kalau dibiarkan terus terjadi, kondisi ini berisiko menyebabkan timbulnya penyakit maag, terlebih kalau kamu termasuk seorang perokok dan nggak bisa lepas dari kopi.

Obesitas

Sebagai pekerja kantoran, aktivitas fisik kamu hanya berkutat di belakang meja. Kondisi kurang gerak ini akan menyebabkan kalori yang harusnya terbakar, malah tertimbun hingga akhirnya tanpa sadar berat badan kamu pun akan melonjak tinggi lalu picu obesitas.

Sebagai solusi, jaga asupan makanan yang baik, kurangi karbohidrat dan perbanyak konsumsi protein dan serat. Jangan lupa untuk terus berolahraga, minimalnya 30 menit per hari.

Nyeri punggung

Saat bekerja, kamu akan cenderung lebih banyak duduk dan fokus kepada pekerjaan. Kalau tidak diimbangi dengan posisi duduk yang tepat, kondisi ini bisa berakibat buruk pada tulang belakang kamu.

Untuk mengatasinya, mulailah untuk memperharikan posisi duduk dengan baik, olahraga secara teratur dan lakukan peregangan, minimalnya satu jam sekali. Selain itu, pastikan kursi yang kamu gunakan cukup empuk dan hindari duduk dengan kondisi dompet yang penuh.

Mata lelah

Selama berjam-jam kamu akan menatap layar komputer terus menerus, hingga akhirnya mata kamu pun akan merasa pegal dan lelah. Kondisi ini akan semakin parah kalau pencahaan ruangan jauh lebih gelap ketimbang cahaya yang kaluar dari layar monitor.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah, usahakan untuk sesekali memalingkan pandangan ke arah yang lebih luas, dilarang keras mengucek mata dan banyak konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi.

Sumber:

http://bit.ly/2gR2RfH

http://bit.ly/2gEhjof

http://bit.ly/2fLzA4b