Sariawan Tak Sembuh-Sembuh? Waspadai Kanker Lidah!

Your Image alt

Selama ini banyak yang menyepelekan sariawan. Ketika sariawan datang menyerang, tinggal konsumsi saja air putih yang banyak, buah-buahan dan kalau ingin lebih cepat, konsumsi suplemen vitamin C. Dalam hitungan hari, sariawan pun akan musnah seketika.

Tapi bagaimana kalau ternyata si sariawan ini nggak sembuh-sembuh?

Well, ternyata sariawan itu nggak sesederhana yang kita pikirkan. Justru sebaliknya, kalau masalah kesehatan ini nggak kunjung sembuh, dan malah cenderung memburuk, sebaiknya waspadalah terhadap serangan kanker lidah. Apalagi kalau sariawan ini sudah berjalan lebih dari satu Minggu.

Menurut dr Marlinda Adham SpTHT-KL(K) PhD, selaku ahli Kanker Leher Kepala, menyatakan jika sariawan yang tak kunjung sembuh, bahkan setelah lebih dari satu atau dua minggu, sebaiknya jangan dianggap enteng. Pasalnya, ini merupakan salah satu gejala kanker lidah.

Makanya kalau kondisi ini mulai terjadi, sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan. Pasalnya, kanker lidah sendiri cenderung bisa disembuhkan dengan cepat, asalkan bisa diketahui sedini mungkin. Kalau sudah terlambat, sama saja dengan penyakit kanker lainnya. Cenderung mengganas dan berbahaya.

Apa sih penyebab timbulnya kanker lidah?

Untuk penyebab secara pasti, hingga kini belum bisa diketahui. Hanya saja, banyak pakar yang berpendapat jika kanker lidah bisa terjadi karena fator gaya hidup yang nggak baik, seperti merokok, nginang atau mengunyah tembakau, mengonsumsi minuman beralkohol dan lainnya.

Selain itu, penelitian terbaru pun sempat menyebut jika serangan virus HPV atau Human Papilloma Virus, yang selama ini dikenal sebagai biang kerok utama penyebab kanker serviks pada wanita, ternyata berpotensi juga menyebabkan kanker lidah.

Bagaimana cara mengatasi kanker lidah?

Seperti dijelaskan diatas, sebenarnya kanker lidah bisa diatasi, dengan catatan anda tangkas dan nggak membiarkan sel kanker terus menjalar. Dalam kondisi ringan, biasanya dokter hanya akan memberikan terapi obat-obatan khusus penghambat pertumbuhan sel kanker.

Tapi jika sudah dalam status tingkat lanjut, terkadang terapi bedah sangat dibutuhkan. Biasanya, bedah disini berupa operasi pengangkatan tumor lidah dan jaringan yang berada di dekatnya. Bahkan jika dibutuhkan, kelenjar getah bening yang berada didekatnya akan ikut diangkat.

Selain itu, anda pun bisa menjalani terapi radiasi. Biasanya, terapi ini dilakukan ketika kanker sudah meluas hingga posisi pangkal lidah bagian belakang. Sedangkan jalan terkahir, anda bisa melakukan kemoterapi. Jadi sebelum terlambat, segera periksakan diri ke dokter ketika sariawan nggak kunjung sembuh.

Sumber :
http://bit.ly/2aIrzaM
http://bit.ly/2aYfVJy
http://bit.ly/2b6xeIO
http://bit.ly/2aLMgCh