Sendok Elektrik Ini Bisa Membuat Makanan Sehat Terasa Lebih Enak

Your Image alt

Pengembangan tekologi tidak hanya di sektor komunikasi saja, sekarang ini banyak ilmuwan yang mulai merancang teknologi canggih untuk dunia kuliner, salah satunya yang dilakukan para ilmuwan muda dari University of London yang tengah mengembangkan alat makan baru berupa sendok berteknologi tinggi.

Waduh, serius nih. Apa sih kelebihan dari sendok kekinian ini?

Dilansir dalam Fox News, sebuah produk sendok canggih bernama Taste Buddy ini bukan sendok sembarangan lho. Pasalnya, para peneliti menjanjikan jika kamu makan dengan sendok ini, maka kepuasan rasa gurih dan manis di lidah akan bisa terpenuhi dengan sempurna.

Taste Buddy sendiri merupakan sendok elektronik yang bekerja dengan cara memicu kepuasan makan dengan menggunakan arus listrik ringan. Dengan teknik ini, secara otomatis organ otak akan berpikir jika kamu saat itu sedang makan sesuatu yang sangat lezat.

Padahal dalam kenyataannya, ketika sendok itu masuk ke mulut, kamu sedang mengonsumsi makanan yang sangat hambar, tanpa bumbu, tanpa gula dan garam. Dengan demikian, risiko karena konsumsi gula dan garam bisa diminimalisir, tanpa harus kehilangan kesempatan mencicipi makanan lezat.

Sendok berteknologi tinggi tersebut baru saja diresmikan dalam konferensi ilmu pengetahuan khusus buat orang-orang muda di Inggris. Hanya saja, pengembangan sendok ini memang terlaksana berkat bantuan Profesor Adrian Cheok yang membimbing para mahasiswa di University of London, Inggris.

Dalam keterangannya, Dr. Cheok menyatakan jika selama ini banyak sekali anak-anak yang benci dengan sayuran dan makanan hambar. Mereka selalu ingin makan dengan masakan yang gurih atau manis, padahal makanan-makanan tersebut punya dampak buruk jika dikonsumsi secara berlebih.

Untuk mengatasi masalah ini, dirinya pun kemudian berinisiatif untuk membuat sebuah perangkat yang bisa membuat rasa makanan sehat sayuran terasa sangat enak, bahkan jauh lebih enak ketimbang rasa cokelat, atau lebih gurih ketimbang junk food dan makanan favorit anak-anak lainnya.

Dalam prakteknya, Dr. Cheok menyatakan jika The Taste Buddy tebukti efektif untuk merangsang lidah agar bisa merasakan rasa gurih dan manis yang dikeluarkan oleh makanan. Dengan cara penipu lidah ini, maka jutaan anak di seluruh dunia akan terselamatkan dari obesitas dan hipertensi dini.

Sayang, Dr. Cheok tidak menjelaskan lebih lanjut bagaimana produk ini akan dipasarkan dan perusahaan mana yang akan menggarapnya. Hanya saja, jika melihat fungsinya yang cukup unik, tentu kita berharap jika teknologi sendok kekinian ini tidak hanya ditujukan bagi anak-anak saja. Setuju?

Sumber:
http://bit.ly/2grmtU4
http://bit.ly/2fLpdNJ
http://nym.ag/2gdNGfe