Sering Kerja Pakai Komputer? Jaga Kesehatanmu dengan Cara Ini!

Your Image alt

Di zaman sekarang di mana hampir sebagian besar pekerjaan menggunakan komputer mengharuskan mereka yang sehari-hari bergelut di dunia kerja memakai komputer dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Walaupun mungkin bisa menaikkan motivasi kerja karena bisa sembari membuka beberapa situs yang menghibur, bekerja sepanjang hari pakai kompter kurang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi masalah kesehatan akibat terlalu lama bekerja dengan komputer? Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan.

1. Sesekali istirahatkan mata

Karena layar komputer kurang baik untuk kesehatan mata jika ditatap terus menerus, sesekali istirahatkan matamu. Lihatlah obyek lain beberapa menit sesekali agar efek buruk dari layar komputer bisa dikurangi. Sebagai informasi, di dalam layar komputer terdapat cahaya yang bisa menyebabkan mata menjadi tegang dan kering. Hal inilah yang bisa menyebabkan kamu merasa penglihatan sedikit kabur dan juga sakit kepala.

2. Regangkan badan dengan berdiri atau berjalan sejenak

Duduk terlalu lama karena harus bekerja dengan komputer selain tidak nyaman juga bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Untuk mencegahnya, regangkanlah badan dengan berdiri atau berjalan-jalan selama beberapa menit tiap satu jam atau lebih.

3. Cukup minum air putih

Terjebak dalam pekerjaan yang seakan tiada habisnya seringkali membuat kita harus bekerja terlalu lama di depan komputer dan lupa untuk minum, padahal sudah banyak info kesehatan yang mengatakan bahwa minum air putih yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh. Minumlah paling tidak 8 gelas sehari agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

4. Makan Makanan Sehat

Kesibukan kita di tempat kerja seringkali membuat kita lupa makan atau walaupun makan kita lebih memilih makanan cepat saji yang sudah terbukti kurang baik untuk kesehatan. Pilihlah makanan sehat yang memang baik untuk kesehatan dan jika sulit menemukannya di kawasan perkantoran ada baiknya jika kamu membawanya dari rumah. Seringkali, makanan rumahan jauh lebih sehat dari makanan yang dijual di warung makan atau kantin kantor.

Agar lebih sehat, tambahkan juga dengan rutin mengonsumsi suplemen makanan. Apa yang terbaik? Sudah pasti jawabannya adalah BRAND’S® Saripati Ayam yang berasal dari bahan alami yang diekstrak dari ayam berkualitas, mengandung asam amino dan peptide-peptide yang mudah dicerna, bebas lemak dan bebas kolesterol.

5. Luangkan waktu untuk bersantai

Setelah pekerjaan di kantor selesai atau saat makan siang, manfaat waktu tersebut untuk bersantai sembari bersenda gurau dengan rekan kerja. Usahakan untuk tidak makan siang di meja kerja karena kamu pasti akan tergoda untuk terus menatap layar komputer. Dengan makan siang di luar kantor, selain bisa bersenda gurau dengan rekan kerja, mata juga punya kesempatan berisirahat dari cahaya layar komputer.

Bagaimana? Sudahkah kamu melakukan hal-hal di atas ini? Jika sudah kamu sudah melakukan hal yang benar. Tapi jika belum segeralah lakukan hal-hal di atas ini agar kesehatan tubuhmu tidak terganggu hanya karena terlalu lama bekerja dengan menatap layar komputer setiap harinya.
Sumber:
http://bit.ly/1Osj8Os
http://bit.ly/1MZcs95
http://bit.ly/2Bzb02l
http://bit.ly/2zjrAkD