#SiapPuasa dengan Cara Alami untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ketika berpuasa, tubuh akan terasa lemas karena tidak mendapat gizi selama berjam-jam setelah sahur. Dilansir dari detikHealth, sumber energi yang didapat dari karbohidrat yang dikonsumsi saat sahur hanya bertahan beberapa jam setelah makan. Inilah yang membuat tubuh mulai kehilangan energi dan terasa lemas. Sistem kekebalan tubuh pun akan menurun karena kurangnya asupan, sehingga tubuh akan terasa lemas dan kurang bersemangat.

Rasa lemas dan kurang bersemangat ini bukan menjadi alasan untuk tidak tetap aktif beraktivitas setiap harinya. Oleh karena itu, BRAND’S merangkum beberapa cara alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar #SiapPuasa.

  1. Waktu tidur yang cukup

Kurang tidur dapat meningkatkan hormon stres yang disebut dengan hormon kortisol. Ketika meningkat, hormon ini dapat memicu reaksi peradangan dalam tubuh dan menekan fungsi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, sehingga tubuh rentan jatuh sakit. Aturlah jam tidur dan bangun saat puasa, agar tidur lebih teratur dan cukup, sehingga dapat menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh.

  1. Penuhi nutrisi penting

Saat puasa, jadwal makan akan berubah menjadi sebanyak dua kali, yaitu saat sahur dan berbuka. Ini memungkinkan tubuh kekurangan asupan nutrisi seperti biasanya, sehingga sistem kekebalan tubuh melemah. Penuhi nutrisi penting seperti karbohidrat, vitamin C, hingga zinc.

  1. Minum Suplemen yang Alami

Jaga imun tubuh Anda dengan yang alami agar kekebalan tubuh tetap terjaga. BRAND’S Saripati Ayam adalah Suplemen yang dibuat dari Bahan Alami tanpa tambahan bahan kimia dan pengawet, serta telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan anti-virus sel T yang dapat melindungi tubuh dari infeksi yang disebabkan oleh virus. Dengan rutin mengonsumsi suplemen yang alami ini, tubuh terlindung dari infeksi sehingga meningkat juga kekebalan tubuh.

  1. Olahraga teratur

Puasa bukan menjadi halangan untuk melakukan aktivitas apa pun, terutama berolahraga. Ketika puasa, Anda dapat melakukan olahraga di sore hari sebelum waktu berbuka atau setelah berbuka puasa. Cobalah rutin berjalan kaki setiap hari sekitar 30 menit untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Ketika kita tidak berolahraga secara teratur, sistem kekebalan tubuh mudah lelah sehingga mudah sakit. Olahraga juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.

  1. Kelola stres

Stres dapat meningkatkan hormon kortisol yang dapat menghambat kerja sistem kekebalan tubuh. Kelolalah stres dengan baik agar tubuh tidak mudah drop pada saat puasa.

Source: https://hellosehat.com/hari-raya/ramadan/meningkatkan-kekebalan-tubuh-saat-puasa/