Tak Bisa Lepas dari Internet? Waspadai Efek Buruk Berikut Ini!

Your Image alt

Internet saat ini sudah menjadi salah satu gaya hidup yang sulit dilepaskan dari kehidupan sehari-hari sebagian besar dari kita yang tinggal di kota besar. Menyenangkan dan berguna memang, tapi pasti banyak dari kamu yang belum tahu bahwa terlalu banyak atau lama mengakses internet bisa berpengaruh pada kesehatan.

Apa saja dampaknya untuk kesehatan kita? Mari simak penjelasannya berikut ini!

1. Memicu berbagai penyakit berbahaya

Menurut informasi di situs gayahidup.republika.co.id (Selasa, 08 September 2015), saat ini sudah lebih dari 1 juta orang di dunia yang kecanduan mengakses dunia maya. Padahal, terlalu sering mengakses internet bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti stres, penyakit jantung, stroke dan lain sebagainya. Tidak mudah memang lepas dari internet, tapi setelah mengetahui dampak buruknya ada baiknya jika secara perlahan kita mengurangi intensitas mengakses internet mulai dari sekarang.

2. Menyebabkan gangguan para leher

Tidak hanya penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke, mereka yang kecanduan internet juga bisa terkena sindrom ketegangan leher. Tidak terlalu parah memang, tapi jika sudah terkena bagi kita yang sehari-hari bergelut di dunia kerja tentu bisa menganggu aktivitas kita di kantor.

3. Menyebabkan depresi

Berdasarkan informasi di situs gayahidup.republika.co.id (Selasa, 08 September 2015), saat ini sudah lebih dari 1 milliar orang di dunia yang memiliki akun Facebook. Salah satu social media yang memungkinkan kita melihat postingan orang lain ini memang menyenangkan tapi tidak jarang bisa menyebabkan depresi, khususnya saat melihat postingan orang lain yang menurut kita tidak menyenangkan.

4. Terkena Deep Vein Trombosis (DVT)

Penyakit internet populer yang sati ini sudah menyerang cukup banyak generasi muda. Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah karena kurangnya tubuh bergerak akibat terlalu asik menikmati dunia maya. Karena kurang bergerak, akan terjadi pembentukan pembekuan darah pada pembuluh balik (vena).

Bagaimana Mengobatinya?

Menurut info dari situs jpnn.com, seorang dokter yang merupakan Direktur Klinis pada Asosiasi Klinik Hobart bernama Dr. Michael Davie, tidak bisa lepas dari internet bisa mengubah otak manusia. Oleh karena itu, ia menyarankan untuk menanganinya sama pendekatannya dengan mengobati ketergantungan yang lain.

Dr Michael Davie mengatakan, cara terbaik untuk membantu mereka yang kecanduan internet adalah dengan membawa mereka ke rumah sakit untuk didetoksifikasi. Di rumah sakit, mereka harus menyerahkan ponsel/laptop/tablet mereka selama menjalani detoksifikasi. Mereka akan merasa resah memang, tapi inilah cara yang terbaik.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu termasuk yang sudah tidak bisa lepas dari internet sedetik pun? Cobalah menguranginya dulu sendiri tanpa bantuan dokter atau ahli kesehatan lainnya. Jika hal tersebut belum berhasil, tidak ada salahnya untuk mengikuti sara Dr Michael Davie di atas ini.

Sumber:
http://bit.ly/2CUyD3d
http://bit.ly/2APITYV
http://bit.ly/2jb9Ajq
http://bit.ly/2yQSDAl